Pendidikan Dalam Kacamata Islam


UPMKNews--Berbicara tentang masalah pendidikan,Islam sudah dari jauh-jauh hari memperhatikan masalah pendidikan.Karena wahyu pertama pun yang diturunkan kepada Rasulullah adalah kalimat IQRO yang artinya “bacalah”.dalam artian bahwa kita harus lebih banyak membaca,supaya menjadi pengetahuan dan dari pengetahuan tersebut diharapkan agar menjadi pengalaman.

Bahkan aturan pendidikan dalam Islam tidak terbatas oleh waktu,Misalnya pendidikan sampai S1,S2 dan S3.Tetapi dalam Islam batasan pendidikan harus mulai dari sesudah kita dilahirkan sampai kita di makamkan.Dalam artian,kita wajib berpendidikan selagi nyawa masih dikandung badan.

Sudah bisa dibayangkan,jika manusia yang ada di muka bumi ini hidup tanpa pendidikan.Pasti akan banyak pertumpahan darah,hidup tidak tau arah,tidak ada aturan sebagaimana layaknya binatang,bahkan lebih hina daripada binatang.Oleh karena itu, beruntunglah orang-orang yang berjuang dalam jenjang pendidikan dan merugilah orang-orang yang bermalas-malasan.

Jadi pesan dalam artikel ini,selagi kita bisa,selagi kita berusaha.jika kita mampu berpendidikan, kenapa tidak...? Maka pergunakanlah masa mudamu sebelum datang masa tuamu,masa lapangmu sebelum datang masa sempitmu,masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu,masa kayamu sebelum datang masa miskinmu dan masa hidupmu sebelum datang masa matimu.Semua itu,akan lebih bermanfaat jika dipergunakan dengan hal yang bermanfaat yaitu seperti pendidikan.

Penulis, Nugraha Cahya Wiguna Mahasiswa PGSD 3D


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp