Mahasiswa dalam Program Asistensi Mengajar di SDN 2 Babakanrema


Kuningan, UPMKnews --- Di era teknologi sekarang ini, kurangnya kesadaran anak akan permainan tradisional yang mana kegiatan permainan tersebut kurang diminati oleh anak-anak. di zaman sekarang hanya mengandalkan gawai sebagi sumber bermain anak, sehingga anak kurang mengetahui akan permainan tradisional.

Menurut mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan yang tergabung dalam kegiatan asistensi mengajar, menganggap bahwa kegiatan pengenalan beberapa jenis permainan tradisional, yang mana permainan tersebut sering dimainkan oleh anak-anak SDN 2 Babakanreuma di lingkungan sekolah. Permainan tersebut diantaranya yaitu permainan Ucing ucingan, Oray-orayan, dan permainan Elengan.

Kegiatan permainan tersebut tidak hanya melatih ketangkasan anak tetapi juga mengandung unsur edukasi yaitu memperkenalkan permainan tradisional sehingga mereka tau berbagai jenis permainan tradisional. Tidak hanya itu, anak juga tau akan bagaimana cara melestarikan permainan tradisional yang merupakan warisan budaya Indonesia.

Berbagai kegiatan rutin yang dilaksanakan mahasiswa selama di SDN 2 Babakanreuma yang mana kegiatan tersebut rutin dilaksananakan di sekolah. Diantaranya yaitu kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan, kegiatan pramuka sering dilaksanakan pada hari jumat setelah kegiatan belajar mengajar selesai.

Selanjutnya yaitu kegiatan Yasinan, setiap jumat pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai anak-anak berantusias melaksanakan kegiatan yasinan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kebiasaan anak akan selalu mengingat Allah SWT.

Selain kegiatan kepramukaan dan yasinan, siwa siswi SDN 2 Babakanreuma setiap pagi melaksanakan kegiatan senam pagi. Senam pagi dilaksanakan setiap hari sabtu, kegiatan ini dilaksanakan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan senam dilaksanakan bertujuan untuk melatih kebugaran dan mood healing anak sehingga setelah melaksanakan kegiatan senam dipagi hari bersemangat untuk melaksanakan kegiatan belajar.

Dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seluruh keluarga besar SDN 2 Babakanruma melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad. Banyak kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari acara debaan, tausiyah, membagiakan beberapa bingkisan yang dibawa oleh siswa serta berbagai kegiatan perlombaan lainnya.

Setelah acara perlombaan selesai dilanjut dengan acara tausyiah, yang mana isi dari penyampaian ceramah tersebut yaitu menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW. Di SDN 2 Babakanreuma mempunyai ciri khas yaitu seluruh siswa dan siswi dianjurkan membawa 2 bungkus bingkisan. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang mengajarkan anak berjiwa sosial yaitu memberikan sedikit bingkisan yang dibawa oleh siswa kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan sekolah.

Ada pula kegiatan perlombaan, kegiatan perlombaan yang dilaksanakan pada saat memperingati Maulid Nabi yaitu diantaranya lomba sholawat atau nasyid yang diikiuti oleh kelas 2 sampai kelas 6, dan lomba fashion show untuk kelas 1. Kegiatan ini semata-mata bertujuan untuk menanamkan sikap yang dimiliki oleh Rasulullah dan menjadikannya suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggal 25 November 2022 merupakan peringatan hari guru nasional, semua Intansi turut serta memeriahkan kegitan tersebut. Berbagai cara bisa dilakukan untuk memeriahkan acara hari guru nasional, tidak lain halnya kami di SDN 2 Babakanreuma dalam rangka memperingati hari guru dengan cara melaksanakan berbagai  kegiatan diantaranya yaitu upacara bendera dan dilanjut acara perlombaan.

Alasan diadakannya kegitan ini yaitu semata-mata sebagai bentuk penghargaan terhadap guru yang tanpa lelah mendidik dan mengajar siswa-siswanya.

Perlombaan yang kami adakan di ikuti oleh seluruh dewan guru beserta siswa-siswi SDN 2 Babakanreuma, kegiatan yang kami adakan membuat guru dan siswa antusias mengikuti perlombaan.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Oman Suryaman, M.Pd, dan berangotakan 9 mahasiswa, yakni Elsa Salsabila, Hilda Nova Aprilia, Ineu Heriyani, Rapidita Rahmawati, Teti Sumiati, Tia Nurhasaina, Yesi Giselawati, Yuli Yulia. (**)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp