Pentingnya Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak


Oleh: Puput Ayu Ningsih, Prodi PGSD 3C

Kuningan, UPMKnews --- Orangtua adalah orang pertama yang mengajarkan pendidikan kepada anaknya, dari mulai balita , anak-anak hingga dewasa. Namun, ada juga orangtua yang tidak dapat membimbing anak lagi dalam belajar karena dengan alasan sudah sekolah dan ada guru yang mengajar, ataupun karena sibuk. Nah, disinilah harus dilakukannya suatu evaluasi , dimana orangtua tidak bisa terlepas membimbing anaknya dalam belajar walaupun anak sudah sekolah dana ada guru yang mengajar ketika di sekolah, tetapi orangtua harus tetap membimbing belajar anak dan memantau kegiatan sehari-hari anak.

Guru memang mereka adalah orangtua kedua anak apabila di sekolah dan guru akan mengajar dan membimbing anak apabila di sekolah , selain itu adalah tanggung jawab orangtua di rumah . Nah, disinilah begitu pentingnya peran orangtua dalam pendidikan anak.

Peran orangtua dalam pendidikan anak sangat penting, dengan perhatian dan support yang akan membuat anak semangat, apalagi dimana pandemi seperti sekarang yang pembelajarannya dilakukan di jarak jauh, pasti akan membutuhkan orangtua dalam membimbing belajar , terutama anak sd yang benar-benar harus terus dibimbing.

Beberapa hal penting yang harus dilakukan orangtua diantaranya:

  1. Membangun komunikasi yang baik dengan anak.
  2. Senantiasa menjadi pendengar setia anak, bisa mendengar keluhan , kebahagiaan dan keseharian anak.
  3. Memperhatikan pergaulan anak sehari-hari.
  4. Mengatur waktu anak.
  5. Berikan perhatian dan waktu kepada anak.
  6. Menjadi guru saat di rumah.

Dengan demikian anak akan disiplin dan memilki semangat belajar.


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp