Penuh Haru: Peresmian TBM Lentera Manik sekaligus Perpisahan Mahasiswa KKN STKIPMKu Desa Gunung Manik


Kuningan, UPMKNews -- Mahasiswa KKN Desa Gunungmanik telah berhasil meresmikan Taman Baca Masyarakat (TBM) sekaligus perpisahan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (26/08/23) bertempat di balai desa Gunungmanik.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh ketua forum TBM Kuningan yaitu Imam Muhammad Agung Fauzy, S.Pd., Bapak Dani Nurdiansyah, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat Desa Gunungmanik, serta para tamu undangan.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh kang Imam, ketua forum TBM menjelaskan bahwa salah satu syarat desa maju adalah dengan adanya perpustakaan masyarakat termasuk Taman Baca Masyarakat. Literasi tidak hanya sekedar membaca menulis berhitung saja, tetapi mencakup lebih luas lagi. Literasi adalah belajar sepanjang hayat, tujuan akhirnya yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

Taman Baca Masyarakat berfungsi sebagai tempat untuk membaca masyarakat yang tidak mengenal batas usia, latar belakang pekerjaan, budaya dan sebagainya. TBM secara mendasar memiliki tanggung jawab, wewenang dan hak masyarakat suatu tempat dalam membangun, mengelola dan mengembangkannya. Dengan demikian, dapat dikembangkan rasa untuk serta memiliki (sense of belonging), rasa untuk bertanggung jawab (sense of responsibility) dan peran serta masyarakat untuk memeliharanya.

"Lentera Manik" diambil dari kata Lentera yang berati sumber cahaya, dan Manik merupakan lambang/kata dari desa Gunungmanik. Hal tersebut merupakan sebuah harapan bahwa dengan adanya TBM Lentera Manik dapat menjadi pencahayaan bagi masyarakat Desa Gunungmanik serta menjadi semangat dan motivasi bagi masyarakat untuk terus berliterasi.

Kegiatan peresmian TBM dan perpisahan mahasiswa KKN di desa Gunungmanik berlangsung penuh haru, dikarenakan selama 47 hari mengabdi banyak hal yang telah dilalui bersama. Kerjasama antar mahasiswa dan masyarakat telah terjalin dengan baik, banyak momen yang tidak dapat dilupakan diantaranya Ziarah ke Gunung Sanggar, mengunjungi Curug Sema, memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-78 bersama-sama.

Tentunya dengan adanya perpisahan antara mahasiswa KKN dan masyarakat Desa Gunungmanik tidak akan memutuskan silaturahmi, terlebih pada tanggal 09 September mendatang merupakan Hari Jadi Desa Gunungmanik. Semoga program-program yang telah mahasiswa KKN laksankan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan semoga Desa Gunungmanik dapat lebih maju dan unggul dalam berbagai bidang.

Penulis: Mahasiswa KKN Desa Gunungmanik


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp