Peran Guru Tak Terganti Sampai Kapan Pun


Oleh: Ine Heriyanni, Prodi PGSD 3B

Semakin majunya zaman digitalisasi tidak dipungkiri bahwa semua kegiatan dan aktivitas manusia akan dilakukan oleh teknologi canggih seperti robot, mesin, dan sebagainya. Beberapa pekerjaan manusia di Negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia, Jepang, Korea Selatan dan sebagainya sudah menggunakan robot sebagai salah satu tenaga kerjanya.

Ada beberapa profesi dimasa depan atau mungkin masa sekarang yang dapat digantikan oleh robot misalnya petani, sebab dengan hanya mengandalkan tenaga manusia saja hasil produksi tidak akan maksimal untuk mengakalinya yaitu dengan menggunakan teknologi untuk mempercepat proses tanam hingga memanen. Profesi lainnya misalnya teller bank, kasir, pengantar surat, driver (sopir) dan sebagainya.

Profesi yang tidak akan digantikan oleh robot, mesin ataupun teknologi apa pun meskipun zaman semakin maju dan teknologi semakin canggih adalah guru. Meskipun menurut sebagian orang profesi guru itu bisa digantikan oleh teknologi internet.

Namun menurut saya internet hanya lah sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, apalagi efek pandemi Covid-19 sekarang ini pembelajaran dilaksanakan secara daring agar lebih efektif maka dibutuhkan internet namun di dalamnya tetap saja dibutuhkan figur seorang guru.

Tanpa seorang guru tidak akan lahir seorang ilmuan, pilot, dokter, seniman dan lainnya sebab sepanjang sejarah guru mengajarkan banyak hal termasuk ilmu pengetahuan untuk membuat manusia lebih mudah dalam menjalani kehidupan ini. Guru tidak semata-mata hanya sebatas pendidik (transfer knowledge) namun lebih dari itu guru merupakan transfer value yaitu sebagai pembimbing dan motivator.

Guru juga mengajarkan pendidikan karakter kepada anak yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi apa pun seperti mengajarkan kejujuran, disiplin, gotong royong, sopan santun dan sebagainya. Ketika mengajar guru menggunakan hatinya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Oleh sebab itu guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa maksudnya bukan mereka tidak berjasa namun kita tidak akan bisa membalas jasa mereka. (*)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp