Peserta Dari Berbagai Provinsi Ikuti Workshop Online PTIK



Kuningan, UPMKnews -- Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) STKIP Muhammadiyah Kuningan selenggarakan workshop online (dalam jaringan) yang bertajuk "Mengupas AdminLTE, Template Back-end Web Populer". Sabtu, (18/4/2020).

Workshop online yang berdurasi sekitar 3 Jam, di mulai pada pukul 09.00 s.d 12.00 WIB, dengan menghadirkan narasumber tunggal Sofhian Fazrin Nasrulloh, S.Pd.,M.Eng, yang merupakan Dosen homebase Prodi PTIK. Turut hadir juga Asep Mahpudin, M.Kom selaku Ketua Prodi PTIK dan juga sebagai host pada acara workshop tersebut.

Menggunakan aplikasi Zoom dan live facebook, peserta workshop daring tersebut mayoritas hadir dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dari data yang terhimpun rata-rata peserta berasal dari kalangan mahasiswa baik tingkat D3, S1, mahasiswa pascasarjana, hingga freelancer, bahkan tidak sedikit juga para pebisnis di bidang software developer ikut menjadi peserta dalam gelaran workshop daring tersebut.

Sofhian Fazrin Nasrulloh yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Sumber Data Informasi (SDI) STKIP Muhammadiyah Kuningan menjelaskan materinya secara bertahap, dengan membagi materi menjadi 3 segmen. Segmen yang pertama Ia memaparkan tentang Pengenalan AdminLTE, kemudian berikutnya Pembahasan Fitur AdminLTE, dan di sesi ketiga Sofhian menjelaskan tahapan-tahapan Praktis Penggunaan AdminLTE.

Pada sesi akhir atau dialog, 85 peserta yang tergabung dalam workshop daring tersebut, banyak diantaranya mengharapkan adanya rencana tindak lanjut dalam bentuk lain, seperti komunitas dan pembelajaran lainnya, tentang pemahaman dasar pengembangan web.

"Alhamdulillah awalnya target peserta itu mahasiswa, tapi Masyaallah pesertanya luar biasa. Dari kuota awal 50 menjadi 100 peserta. Ini merupakan workhsop pertama dari rangkaian kegiatan workhsop lainnya oleh prodi PTIK", ungkap Ketua Prodi PTIK Asep Mahpudin yang juga biasa disapa Kang Adin, Minggu (19/4/2020).

Nanan Abdul Manan, M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan yang juga ikut gabung sebagai peserta workshop daring, sangat mengapresiasi program yang sudah dilakukan oleh Prodi PTIK, “semoga kegiatan serupa bisa terus dilakukan oleh Prodi yang lain, selain untuk terus menjalin silaturahmi juga menjadi ajang diskusi yang bermanfaat baik bagi mahasiswa atau dosen, kedepan workshop online bisa rutin kita laksanaka", ujarnya, Selasa (21/4/2020).

(sfn/asa*)


Bagikan berita ini | Facebook Twitter Whatsapp