PGPAUD dan PGSD: Kolaborasi Parade Pentas Seni Musik Hujankarya #6


Kuningan, UPMKNews -- Meriah dengan berbagai pertunjukan seni, Pentas Seni Musik Hujankarya #6 sukses digelar di Gedung Djarnawi Hadikusuma Lantai 3 Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan pada Sabtu (29/06/2024) dalam rangka UAS PGPAUD Semester 6 dan PGSD Semester 4.

Acara kolaborasi parade seni pertunjukan ini menjadi wadah bagi para mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan khususnya prodi PGSD dan PGPAUD untuk memamerkan bakat dan kreatifitas dalam bidang seni musik dan fashion show.

Mengangkat tema "Simfoni Gangsa Kidung Asmarandana" dengan makna "Alunan bunyi dan gamelan dalam lagu cinta, kasih, harapan dan asrama." Hujan Karya #6 sukses menampilkan 23 grup kolaborasi mahasiswa PGSD dan PGPAUD. 

Ketua Prodi PGPAUD Erik, M. Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa Hujan Karya yang merupakan agenda rutin ini menjadi sebuah kebanggan bagi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Beliau berharap melalui kegiatan ini para mahasiswa mendapatkan bekal dalam hal kesenian dan keterampilan yang berguna untuk di dunia kerja nanti.

Achmad Agil selaku ketua pelaksana menegaskan bahwa pentas seni ini bukan hanya ujian akhir mata kuliah seni pertunjukan, tetapi juga sebuah upaya melestarikan budaya lokal dan membanggakan kekayaan seni tradisional. “Pentas seni ini menjadi wujud nyata dari integrasi seni dan pendidikan yang kami usung di STKIP Muhammadiyah Kuningan. Kami berharap dapat terus mengembangkan potensi seni dan budaya di lingkungan kampus untuk mendukung visi kami sebagai Universitas Muhammadiyah Kuningan,” katanya.

Dosen Seni sekaligus penggagas Parade Seni Hujan Karya #6 Lousy Loustiawaty, S.Sn.,M.Sn mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang turut berpartisipasi mendukung terlaksananya acara tersebut.

“Adapun jumlah keseluruhan penampil sebanyak 23 grup yang terbagi dalam 2 kelompok mata kuliah. Yang pertama Seni Keterampilan Anak dari PGPAUD yang berjumlah 6 kelompok. Yang Kedua Pendidikan Seni Musik dari PGSD yang berjumlah 17 kelompok” tuturnya.

“Mata Kuliah ini adalah mata kuliah Projects Based learning, jadi berkolaborasi dengan para komunitas-komunitas seni tradisional Kabupaten Kuningan diantaranya ada Sanggar Astagiri, Sanggar Pusaka Arya Kamuning 3, Sanggar Seni Ramyangsari, Sanggar Mulya Bineka, Sanggar DNR, Sanggar Smantika, Sanggar JWSPro, Sanggar Wargi Mekar, Sanggar Seni Swara Lokananta, Sanggar AN Studiobserta Hadroh Madinatul Rasul Desa Pajambon” tambahnya.

Dr. Casnan, M.SI selaku Wakil Ketua I mengatakan bahwa pagelaran ini merupakan implementasi dari pembelajaran berbasis project dengan harapan melalui acara ini para mahasiswa dapat menambah keterampilan. “Mudah mudahan ini memberikan kompetensi tambahan kepada para mahasiswa karena bagaimanapun jika sudah terjun ke lapangan yang diperlukan tidak hanya teori tapi soft skill atau kemampuan tambahan.” tuturnya.

Selain sebagai sarana bagi mahasiswa STKIP Muhammadiyah STKIP Muhammadiyah Kuningan untuk mengekspresikan bakat dan kreatifitasnya, diharapkan pagelaran seni ini mampu membuka jalinan hubungan yang lebih erat dengan masyarakat. Harapan akan terus meluasnya partisipasi dan kolaborasi di masa mendatang menjadi visi utama guna memperkuat keragaman budaya di kampus.

(Yusi Nurfatimah)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp