BUNDA MENYAPA : Upaya Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat Randusari


UPMKNews - Pada hari Senin, 25 Juli 2022. PKK kelompok Wanita Tani (KWT) Pinayungan bersama Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan melaksanakan Program “Bunda Menyapa” yang didukung Ketua Penggerak PKK, Hj. Ika Acep Purnama mengenai sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanganan Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal di Desa Randusari Kec. Cibeureum Kab. Kuningan.

“Bunda Menyapa” merupakan program inisiatif yang dilahirkan oleh PKK Kabupaten Kuningan.

Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga, meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat, serta memberi warna pada pembangunan daerah di Kabupaten Kuningan dengan penerapan azas konservasi

Program ini berfokus pada pemanfaatan area pekarangan rumah untuk penanaman tanaman pangan. Pada kegiatan bunda menyapa berhubungan dengan aspek sosial lingkungan pangan, edukasi mengenai pengelolaan tanaman pangan.

“Pemanfaatan lahan pekarangan rumah menjadi salah satu upaya masyarakat untuk memnuhi kebutuhan pahan. Tidak hanya menjadi pemenuh kebutuhan sehari-hari, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan.” Ucap ketua Penggerak PKK.

“Dengan adanya program Bunda Menyapa ini diharapkan khususnya masyarakat Desa Randusari dapat mempertahankan ketahanan pangan serta dapat kelanjutan program Bunda Menyapa ini” Ucap Kepala Desa Randusari.

 (Kel KKN Desa Randusari)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp