Pupuk Kompos karya Anak Negeri : Kolaborasi Mahasiswa KKN STKIPMKu dengan KUBE Dukuhbadag


Kuningan,UPMKNews – Berkolaborasi dengan KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Desa Dukuhbadag, Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan memproduksi Pupuk Kompos. Kegiatan ini berlangsung selama periode 25-30 Juli 2022.

Sebelumnya, kotoran hewan yang ada hanya ditumpuk begitu saja tanpa ada pemanfaatan lebih lanjut sehingga menyebabkan kondisi disekitar kandang memiliki bau yang tidak sedap.

Maka dari itu, Kelompok KKN Desa Dukuhbadag berkolaborasi dengan KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Desa Dukuhbadag yang dibimbing langsung oleh Mas Slamet (salah satu member Komunitas Jagakali) mencoba untuk mengolah limbah kotoran hewan (kohe), salah satunya kotoran sapi untuk diolah menjadi sesuatu yang mempunyai nilai dan bermanfaat.

Setelah kotoran sapi diolah dengan sedemikian rupa melalui berbagai proses, salah satu hasil yang didapat yaitu pupuk kompos yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

“Dari sinilah kita dapat belajar bahwa sesuatu yang kita anggap kotor dan tidak memiliki nilai dapat menjadi bermanfaat setelah diolah. Dari kegiatan ini pula setidaknya kita telah berusaha untuk menjaga lingkungan sekitar dari hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan dan kebersihan lingkungan sekitar. Ilmu baru dan juga pengalaman bisa kami dapatkan dalam satu waktu yang bersamaan.” tutur Mahasiwa KKN Desa Dukuhbadag. (sekre/Dennia, Kel.KKN Desa Dukuhbadag)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp