Recycle Limbah Kayu : Ide Cemerlang Mahasiswa KKN Desa Sukaharja


Kuningan, UMPKNews – Mengamati di Desa Sukaharja, setiap gang belum memiliki nama yang tetap, maka dari itu mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan di Desa Sukaharja melangsungkan program kerja membuat papan nama. Kamis (04/08/2022).

“Sebenarnya dari dulu tidak ada nama gang, tapi pernah mencoba untuk memberi nama, namun tidak memakai plang. Kalau tidak salah pada tahun 2000-an. Kalau mau membuat nama gang baru, boleh silahkan, tetapi harus yang menarik dan bisa diterima oleh masyarakat, kalau bisa survei saja ke RT setempat untuk sekalian berdiskusi juga dengan warga” Ujar Pak Komar, Kepala Dusun 1.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan papan nama yaitu kayu, kayu tersebut didapatkan dari tempat pemotongan kayu dan merupakan kayu yang sudah tidak terpakai lagi. Proses pembuatan papan nama berlangsung selama dua minggu. Setiap nama yang dipilih merupakan hasil diskusi dengan kepala desa dan aparat desa setempat.

Dari proses tersebut berhasil dibuat 16 papan nama gang yang tersebar di 3 Dusun, yaitu dusun 1 sebanyak lima RT, dusun 2 sebanyak lima RT dan dusun 3 sebanyak enam RT.

Aparat Desa sangat mengapresiasi program kerja ini, karena dapat berguna juga sebagai usaha mendaur ulang limbah agar lebih bermanfaat.

Untuk pemasangan di setiap gang dilakukan secara simbolis oleh kepala desa dan dilanjutkan oleh kepala dusun 1,2,3. (sekre/Dennia, Kel. KKN Desa Sukaharja).


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp