Ribuan Mahasiswa dan Dosen Ikuti Seminar Motivasi 2015


Seminar Motivasi 2015

Dalam upaya lebih memajukan perguruan tinggi, STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Muhammadiyah Kuningan menggelar Seminar Motivasi. Dihadirkan Prof Dr H Abdul Munir Mulkan SU sebagai pembicara utama dalam kegiatan yang dilaksanakan di GOR Ewangga, akhir pekan tersebut.
Seminar diikuti oleh ribuan peserta hingga mencapai sekitar 2.200. Lantaran bersifat internal, hanya diikuti seluruh dosen, karyawan serta mahasiswa STKIP Muhammadiyah. Namun saking banyaknya peserta, ruangan GOR Ewangga itu pun terlihat betul-betul padat.
“Seminar Motivasi ini merupakan program pembinaan untuk mahasiswa dan dosen STKIP Muhammadiyah. Insya Allah kegiatan seperti ini akan kami laksanakan rutin tiap semester atau 6 bulan sekali,” ujar Ketua Panitia Casnan MSi yang menjabat Ketua LP2M (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu) STKIP Muhammadiyah Kuningan itu disela acara.
Pada awal dan pertengahan seminar, dipentaskan kreasi seni tradisional dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Seni Geger Setra STKIP Muhammadiyah. Selain itu, dipentaskan pula paduan suara dari para mahasiswa yang tergabung dalam PSM (Paduan Suara Mahaiswa) Giwang Swara. Pagelaran seni tersebut membuat suasana seminar menjadi meriah.
Saat pergantian pembicara pun, panitia melakukan pemutaran video profil STKIP Muhammadiyah sejak awal berdiri hingga mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat. Tampak dalam setiap adegan, gemuruh tepuk tangan pun mengiringi penayangan video profil kampus kebanggaan mereka.
Sementara untuk materi seminar, diisi oleh tiga pembicara. Prof Dr H Abdul Munir Mulkan SU selaku pembicara utama. Kebetulan Abdul Munir ini menjabat Wakil Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah sekaligus guru besar UIN Kalijaga Jogjakarta. Pembicara berikutnya, Kasdar Al Ade Saputra MA (Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan) dilanjutkan oleh Miftahli Nurohim MPd (Dosen STKIP Muhammadiyah).
“Jadi, dalam seminar ini kita kolaborasikan antara pembicara dari luar yaitu profesor Abdul Munir, dengan pimpinan STKIP Muhammadiyah yaitu Pak Kasdar dan dari dosen yakni Pak Miftah,” kata Casnan.
Dalam materinya, Profesor Abdul Munir mendorong Civitas Akademika STKIP dan mahasiswa agar menjadi yang terbaik untuk sukses. Terbaik di sini, menurutnya, bagaimana agar bisa melebihi orang lain dengan potensi yang dimiliki. Terlebih visi yang diusung ‘Daya Saing”, guru besar satu ini meminta agar berusaha keras untuk menggunakan kekuatan yang tidak dimiliki orang lain.
Sedangkan Kasdar, dalam materinya mendongkrak semangat seluruh civitas dan ribuan mahasiswa. Dengan suara yang lantang, pihaknya mengajak untuk tidak bersikap pesimis. “Kalaupun kita miskin, tapi kita punya harga diri,” teriak Kasdar disambut gemuruh tepuk tangan.
Mantan wakil ketua III STKIP ini melanjutkan, kesuksesan bukan hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. “Kesuksesan itu bukan hanya milik anak-anak pejabat atau anak-anak orang kaya, tapi milik kita semua,” tandasnya.
Senada dengan Kasdar, Miftah dalam materinya pun menekankan motivasi diri. Dia berbicara soal bagaimana membangun kepercayaan diri, membangun semangat untuk hidup lebih baik dan sukses. Pembicara satu ini menegaskan seluruh peserta seminar untuk tidak mudah putus asa. (ded)

Sumber: Radar Cirebon


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp