"Saba Warga" Program Awal Kelompok KKN Desa Sumurwiru untuk lebih dekat dengan Masyarakat


UPMKNews-- Pada Senin (4/7) 2022, kegiatan kelompok program KKN (Kuliah Kerja Nyata) desa Sumurwiru kecamatan Cibeureum diawali dengan pelepasan mahasiswa yang bertempat di lapangan kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan dan dihadiri langsung oleh ketua STKIP M Kuningan, bapak Nanan Abdul Manan, M.Pd.

Program KKN yg dilaksanakan selama 40 hari dari tanggal 4 Juli sampai dengan 12 Agustus 2022 ini sebagai implementasi dari Catur Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, serta Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Setelah pelepasan mahasiswa, kelompok KKN desa Sumurwiru memulai kegiatannya dengan gotong royong pembersihan posko KKN putra dan putri, dimana posko ini berada ditempat yg strategis ditengah pemukiman warga dan cukup dekat dengan mesjid dan balai desa Sumurwiru.

Pemerintah desa Sumurwiru sendiri menyambut baik kegiatan KKN STKIP M Kuningan dengan harapan dapat bersinergi dalam pengembangan program desa, dan mendorong setiap kegiatan program yang ada di desa Sumurwiru, hal ini disampaikan oleh bapak Rohmana selaku kepala desa dan bapak Abdul Hamid selaku Kasi Kesejahteraaan.

Dalam awal program kegiatan KKN ini, kelompok KKN desa Sumurwiru mengedepankan berinteraksi dengan aparatur desa, tokoh - tokoh masyarakat serta warga sekitar yang disebut "Saba Warga".

Dalam kegiatannya, kelompok KKN Desa Sumurwiru menemui salah satu tokoh masyarakat bernama Bapak Nana seorang relawan penjaga tikungan jalan desa yang sering terjadi kecelakaan.

Menurut beliau, desa Sumurwiru merupakan desa yang produktif dimana kegiatan dalam bidang keagamaan, olahraga, dan pertanian yang cukup baik bahkan pernah mengikuti perlombaan tingkat provinsi. 

Dengan program Saba Warga ini juga, kelompok KKN Sumurwiru bisa lebih dekat terhadap warga sekitar, mengetahui kultur budaya yang ada di lingkungan, serta dapat merancang program kerja KKN sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga nantinya dalam pelaksanaan program - program selanjutnya diharapkan tepat sasaran sesuai aspek yang dibutuhkan di desa Sumurwiru. (Kel. KKN Desa Sumurwiru)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp