Seminar Kepemimpinan, STKIP Siap Cetak Generasi Unggul


Kuningan, UPMKnews --- Melalui seminar kepemimpinan yang digelar oleh lembaga STKIP Muhammadiyah Kuningan, Rabu (31/3/2021) di Gedung C lantai 3 STKIP Muhammadiyah Kuningan. “kami siap cetap mahasiswa sebagai generasi yang unggul dan siap berkompetisi taklukan zaman," ujar Ketua STKIP saat memberikan sambutan pembukaan.

Seminar sehari yang diikuti oleh mahasiswa tingkat awal atau semester 2 digojlog materi-materi kepemimpinan bertajuk motivation and leadership, dengan menghadirkan seorang trainer bahkan motivator, yaitu Taufik Rhahmath, M.E, dan saat ini beliau bekerja di BSI (Bank Syariah Indonesia).

Kegiatan dibuka langsung oleh ketua STKIPM Ku, Nanan Abdul Manan, M.Pd, didampingi wakil ketua 2 bidang aset dan SDM, Hermawan, M.Si, hadir juga Kabag Kemahasiswaan, Dedi Iskandar, M.Pd

Nanan juga menyampaikan, kalau mahasiswa saat ini jangan lagi berorientasi kepada sertifikat atau ijazah semata. Tapi mahasiswa harus menjadi seorang pemimpin tangguh dimasa depan.

Banyak sikap yang harus tertanam dalam jiwa mahasiswa, dan itu harus diasah agar terus matang. Misalnya saja menumbuhkan sikap disiplin, baik disiplin waktu, perbuatan, dan melakukan aktivitas, sehingga dapat membentuk pola hidup yang lebih teratur.

Lalu mahasiswa harus tertantam jiwa bertanggung jawab akan hal yang telah diambil dalam keputusannya, serta berkomitmen penuh atas apa yang telah diberikan untuk membentuk pribadi yang berprinsip dan berorientasi pada tujuan, agar mahasiswa menjadi pribadi unggul dan tak takut hadapi zaman,” jelas Nanan.

Menimbang masih pandemi, seminar kepemipinan pun dibagi kedalam 2 sesi, sesi pertama pukul 09.00 WIB terdiri dari peserta mahasiswa semester 2 prodi PGSD, PTIK dan PAUD. Kemudian sesi kedua pukul 13.00 WIB, Prodi PJKR, PBSD dan PMTK.

Poin yang bisa diimplementasikan oleh mahasiswa agar membentuk diri menjadi menurut Taufik, "seorang leader harus bisa memanajemen diri, memanajemen waktu, success skill leadership, pengenalan diri sendiri, evaluasi diri, mempunyai target, tujuan, dan skala prioritas, belajar menghargai, dan memiliki rasa kebersamaan dan tolong menolong."

"lakukan apa yang bisa anda lakukan untuk meraih visi hidup anda, disanalah anda sedang melatih kepemimpinan,” tambahnya.

Narasumber juga mengarahkan, agar mahasiswa aktif mengikuti organisasi, karena organisasi salah satu wadah yang dapat dilakukan oleh setiap mahasiswa dalam melatih diri untuk memiliki jiwa kepimpinan. Banyak hal yang dapat dipelajari dan menambah pengalaman agar siap dalam mengemban peran sebagai seorang pemimpin. (sekre)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp