Seminar Prodi PJKR, Dorong Mahasiswa Menjadi Pemimpin Hebat Dimasa Depan


Kuningan, UPMKnews – Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Muhammadiyah Kuningan kembali mengadakan seminar bulanan bertajuk “Peran dan Fungsi Mahasiswa Sebagai Calon Pemimpin Dimasa Depan (Iron Stock), Selasa (23/3/2021) kemarin di Aula Lantai 3 Gedung C Kampus STKIPM Ku.

Acara yang dihadiri oleh 100 lebih peserta terdiri dari mahasiswa program studi PJKR. Turut hadir dalam seminar Ketua STKIPM Ku, Nanan Abdul Manan, M.Pd, Kaprodi PJKR Nanang Mulyana, M.Pd, sekaligus menjadi pembicara tunggal, hadir juga Kabag Kemahasiswaan, Dedi Iskandar, M.Pd, dan moderator, Oman Hadiana, M.Pd, serta para dosen home base PJKR.

Dalam opening speech, Nanan Abdul Manan tegaskan, “saat ini mahasiswa telah memasuki era dimana persaingan kerja begitu kompetitif era dimana kemampuan intelektual tidak lagi menjadi tolak ukur kesuksesan bagi seseorang melainkan era dimana sikap dan mental menjadi penentu bagi masa depan seseorang.”

“Seseorang yang percaya diri dan yakin dengan kemampuannya lebih disukai dan diminati didunia kerja dibandingkan dengan seseorang yang pintar tetapi tidak percaya diri, bahkan pengecut,” tegasnya.

“So jadilah mahasiswa yang dapat diandalkan, jadilah mahasiswa yang bangga dengan diri sendiri dan almamaternya, dan bisa menginspirasi orang lain. “Sebab lulusan – lulusan STKIPM Ku selama ini telah membuktikan kiprah mereka baik di tingkat nasional maupun internasional”, tutupnya.

Dalam kesempatan itu pula, Nanang Mulyana, mencoba menggali potensi dan pemikiran para peserta yang hadir mengenai arti pentingnya menjadi seorang pemimpin.

Menurutnya, pemimpin dan kepemimpinan adalah merupakan dua hal yang berbeda dimana pemimpin adalah seseorang yang mengendalikan, membuat serta mengatur seluruh kebijakan yang telah dibuatnya sementara kepemimpinan adalah kebijakan atau aturan – aturan yang telah dibuat oleh seorang pemimpin.

Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 30 menjelaskan bahwa: “Sesungguhnya Aku (Allah) hendak menjadikan manusia Khalifah/pemimpin d muka bumi.”

Kata kunci dalam kepemimpinan adalah kita harus bisa memimpin (memanage) diri kita sendiri terlebih dahulu, seperti, disiplin, tanggung jawab, kemudian aktif di organisasi kemasiswaan. “Ketika kita sudah bisa memanage diri, berate kita bisa menginspirasi org lain. Mahasiswa harus senantiasa aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti menjadi pengurus HIMA dan UKM.” tegas Nanang. (sekre)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp