Setelah LPK Sukses Gelar Monev Internal, 4 Prodi Layak Implementasikan Hibah Kurikulum MBKM


KUNINGAN, UPMKnews – Lembaga Pengembangan Kurikulum (LPK) STKIP Muhammadiyah Kuningan sukses menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal Kegiatan Hibah Penyusunan Kurikulum MBKM, pada Kamis (7/1/2021), di Gedung Rektorat Lantai 3.

Monev internal yang dimotori oleh LPK, bertujuan untuk mengevaluasi hasil dari hibah penyusunan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dilakukan oleh empat (4) Program Studi, yakni Prodi PG-PAUD, Pendidikan Matematika (PMTK), Prodi PGSD dan Prodi PTIK.

Setiap prodi diberi kesempatan untuk memaparkan capaian rancangan kurikulum MBKM. Dijelaskan juga dokumen yang telah disusun, termasuk evaluasi kurikulum, profil lulusan prodi, capaian pembelajaran, dan implementasi kurikulum merdeka belajar.

Reviewer pada monev internal kali ini adalah Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, yakni Nanan Abdul Manan, M.Pd dan Wakil Ketua 1 Dr. Casnan, M.Si, kemudian didampingi langsung oleh Ketua Penjaminan Mutu (LPM) Opah Ropiah, M.Pd.

Secara garis besar 4 Prodi tersebut sudah melakukan penyusunan kurikulum Merdeka Belajar dan kemudian kurikulum itu akan diimplementasikan pada semester genap tahun ajaran 2020-2021, terang Ketua LPK, Nunu Nurfirdaus, M.Pd.

Harapannya bahwa dengan kegiatan monev internal ini kurikulum MBKM di STKIP Muhammadiyah Kuningan akan mengalami peningkatan yang signifikan dan semakin disempurnakan untuk diterapkan pada mahasiswa, dan kami yakin STKIP Muhammadiyah Kuningan akan menjadi kampus yang unggul sesuai dengan visi kampus yaitu Unggul dalam bidang pendidikan, teknologi dan kewirausahaan, tambah Nunu.

Sementara Nanan Abdul Manan, menyampaikan apresiasi kepada 4 Prodi yang mendapat hibah MBKM, “selamat atas capaian pelaksanaan hibah MBKM selesai sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud, ucap Nanan Abdul Manan.

Lanjut dia lagi, monev internal ini merupakan langkah yang positif yang dilakukan oleh LPK, dimana kegiatan ini idealnya memang dilakukan oleh semua unit atau lembaga yang ada di kampus, guna meningkatkan kualitas dan juga mutu lembaga. Kami atas nama pimpinan sangat menyambut baik kegiatan monev internal. Produk kurikulum yang dibuat juga sangat kekinian dan relevan dengan kondisi saat ini. [sekre/asa]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp