Simulasi Pembelajaran Daring


Oleh: Melly Lailatul Munawwaroh, Prodi PGSD 3A

Kuningan, UPMKnews --- Pandemi Corona yang melanda Indonesia sangat berpengaruh pada dunia pendidikan. Metode tatap muka beralih menjadi daring atau online. Tentunya inilah saatnya bagi guru-guru di Indonesia untuk mengerahkan segala upayanya untuk berhijrah. Memang hijrah ke pembelajaran daring tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras dan niat sungguh-sungguh disertai keikhlasan dari guru. Pembelajaran daring memang memberikan banyak alternatif. Sebagai guru mata pelajaran, peserta didik lebih banyak menyukai penugasan yang melibatkan aspek motorik. Memang peserta didik di SD lebih   disiapkan sebagai peserta didik.

Pandemi yang masih terus berlangsung memaksa pelajar harus ikut beradaptasi dengan keadaan masa kini. Adanya peraturan pemerintah yang melarang belajar tatap muka membuat pelajar beralih ke belajar daring sebagai solusi untuk tetap mendapatkan ilmu selama di rumah. Belajar daring adalah kegiatan belajar yang dilakukan menggunakan koneksi internet. Dengan belajar daring, siswa diharapkan mendapat ilmu yang sama dengan belajar tatap muka, namun lebih rileks karena kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan di rumah sendiri.

Dari sekian banyak metode pembelajaran, simulasi sangat cocok diterapkan untuk KD ini. Teknisnya peserta didik terlebih dahulu mengunduh aplikasi simulai zoom di google play store. Setelah peserta didik menginstal aplikasi masing-masing. Guru juga bisa menugaskan untuk mengeksplorasi berbagai menu yang ada di dalam simulator. Maka dari itu, guru juga bisa membuatkan video tutorial penggunaan fitur yang ada dalam simulator.

Hal ini sangat memudahkan peserta didik untuk menguasai materi. Namun ini tidak menjadi kendala. Yang terpenting adalah kita senantiasa memotivasi peserta didik untuk memiliki niat dan keikhlasan dalam belajar. kegiatan simulasi ini guru mendapat gambaran pembelajaran daring ini yang paling efisien dan efektif untuk pembelajaran daring sehingga nantinya sesuai dengan tujuan di bidang akademik untuk tidak menyulitkan guru maupun siswanya. (*) 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp