STKIP Genjot Lagi Publikasi Jurnal Terindeks Scopus


Kuningan, UPMKnews --- Senin, 9 Agustus 2021 belum lama ini, STKIP telah menggelar Workshop Penulisan Jurnal Terindeks Scopus/Wos, bagi para dosen baik di lingkup internal maupun eksternal.

Hampir menembus angka 150 peserta yang turut hadir mengikuti workshop penulisan jurnal. Dan sebagian dosen ada yang sudah memiliki publikasi jurnal terindeks scopus, dan sebagian lagi masih dalam tahap proses pengajuan.

Sebagai narasumber tunggal pada workshop itu, Prof. Dr. Husin Alatas (Guru Besar IPB) menyampaikan pesan agar para dosen, selain kita harus mengetahui pangsa pasar, manuscript jurnal yang bagus, banyak latihan menulis jurnal, buat tulisan yang paling mudah, atau pembaca tertarik dengan jurnal kita, yang paling penting adalah terus mencoba dan mencoba agar tulisan kita bisa publish jurnal internasional bereputasi.

Pentingnya Proses Publikasi Ilmiah, menurut beliau adalah: 1) Memberikan kesempatan kepada pada periset untuk berinteraksi dengan komunitas terkait, 2) Memberikan kesempatan kepada periset untuk mendapatkan masukan yang berharga atas hasil risetnya, 3) Memberikan kesempatan kepada periset untuk memperbaiki kegiatan riset yang dilakukannya, 4) Jurnal berkualitas tinggi biasanya memberikan kesempatan author untuk mendapatkan masukkan berharga meskipun artikel tersebut ditolak.

Sementara ketua STKIP, Nanan abdul Manan, M.Pd,melalui workshop penulisan jurnal, geliat dosen untuk menulis jurnal bereputasi internasional terus menggelora, “artinya semangat dan antusias dosen jangan sampai kendor. Reputasi perguruan tinggi saat ini diukur oleh torehan prestasi dari pada publikasi ilmiahnya,” tandas dia.

Workshop sendiri dilakukan melalui aplikasi zoom meeting, yang dimoderatori oleh Dr. Casnan, M.si, dosen sekaligus Wakil Ketua 1 Bidang akademik, Kemahasiswaan dan AIK. (sekre/vani apriyanto)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp