STKIP Muhammadiyah Kuningan Luluskan 266 Mahasiswa Program Sarjana


KUNINGAN, UPMKnews -- Sebanyak 266 wisudawan STKIP Muhammadiyah Kuningan mengikuti upacara wisuda sarjana tahun akademik 2019/2020. Tidak kurang dari 200 wisudawan lulus dengan predikat cumlaude.

Prosesi wisuda kali ini diselenggarakan di Horison Tirtasanita Hotel, Selasa (17/11/2020), yang terdiri dari PGSD sebanyak 116 orang, PBSD 25 orang, PG-PAUD 15 orang, PJKR 85 Orang, PMTK 7 orang serta PTIK 18 orang.

Dari 266 wisudawan STKIP Muhammadiyah tahun ini, sedikitnya ada 6 orang dengan mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik. Mereka adalah Diana Septiani dari PGSD dengan IPK 3,86, Edwin Ramadan dari PBSD dengan nilai IPK 3,77, Melawati dari PG Paud dengan nilai IPK 3,69, Ade Romdon Bachtiar dari PTIK dengan nilai IPK 3,68, Aas Muhaiminah dari PMTK dengan nilai IPK 3,86, Muhammad Khalid Yusup dari PJKR mendapat nilai IPK 3,76.

Acara tersebut dihadiri beberapa undangan penting, seperti Bupati H. Acep Purnama, SH, MH, Kepala LLDIKTI Wilayah Jawa Barat Prof. Uman Suherman, MPd, Pimpinan Majelis DIKTI Litbang PP Muhammadiyah Prof. Edi Suandi Hamid, M.Ec, para Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, PD Muhammadiyah Kuningan, serta tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nanan Abdul Manan MPd mengatakan, momentum wisuda merupakan rangkaian akhir dalam perjalanan akademik program sarjana dengan perjalanan yang tidak mudah, perjuangan yang tidak ringan dan pengorbanan yang tidak sedikit, kata Nanan.

Semua proses yang telah dilalui semata-mata untuk tholabul ilmi, atau mencari ilmu sesuai dengan perintah Allah SWT. Tanpa ada perintah mencari ilmu itu, tentu upaya dan jerih payah selama bertahun-tahun di STKIP Muhammadiyah Kuningan hanya sebatas pekerjaan yang sia-sia belaka.

“Maka dari niat karena Allah ini, kita berada dalam kekuatan lahir dan bathin hingga hari berbahagia ini. Upacara wisuda kali ini sungguh berbeda dengan wisuda sebelumnya. Di tengah era pandemi covid-19 melanda, dengan segala perubahan yang terjadi secara tiba-tiba, perubahan regulasi akademik yang memaksa kita, Alhamdulillah kita secara perlahan beradaptasi dengan keadaan ini,” kata Nanan.

Adapun pesan dan kesan oleh perwakilan wisudawati terbaik Aas Muhaiminah (prodi PMTK), mengucapkan terimakasih atas perjuangan ayah dan ibu, dan kepada segenap civitas akademika STKIP yang sudah membentuk dan membimbing kami hingga lulus, “semoga ilmu yang kami dapatkan bisa bermanfaat,” harap Aas.

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, MEc, mewakili Pimpinan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah, menyampaikan, selamat kepada para pimpinan STKIP dan civitas akademika yang telah sukses melakukan pengelolaan input dengan baik. Setelah beberapa tahun lamanya dan hari ini dipanen 266 sarjana baru STKIP.

Prof Edi juga menyampaikan terimakasih kepada para orang tua atau wali yang sudah mengorbankan tenaga dan morilnya, sehingga bisa menghantarkan putra putrinya menjadi lulusan terbaik STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Edi berpesan, “gapailah ilmu sampai akhir hayat, toga wisuda hanya sekedar simbol saja, karena tantangan kehidupan nyata jauh lebih berat,” ungkapnya.

Senada dengan Prof. Edi, selaku Kepala LLDIKTI Wil. IV Jabar Banten, Prof Uman Suherman, STKIP merupakan kampus dengan tata kelola baik, dengan 6 prodi nya yang baik juga, karena kampus ini concern dalam bidang pendidikan. “Pendidikan menjadi unsur untama dalam kehidupan ini sampai kapan pun.” Tegas Uman

“Sebuah bangsa yang berkualitas tidak mungkin melebihi kualitas pendidikannya” kalau bangsa ini ingin berkualitas maka mau tida mau harus melalui proses pendidikan.” Pungkasnya. [sekre/asa]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp