Thailand Terapkan Apel Pagi Setiap Hari di Sekolah


Kuningan, UPMKNews-Sistem pendidikan Thailand saat ini didasarkan pada reformasi pendidikan yang diatur menurut Undang-Undang Pendidikan Nasional tahun 1999. Perubahan-perubahan yang signifikan dari reformasi pendidikan ini terletak pada implementasi kebijakan yang seragam, fleksibilitas dari implementasi kebijakan tersebut, desentralisasi, penjaminan mutu, pelatihan peningkatan kualitas guru di seluruh jenjang dan mobilisasi sumber daya. Struktur pendidikan di Thailand secara umum terdiri dari 3 tahun Anuban (TK), 6 tahun Prathom (SD), 6 tahun Mattayom (SMP dan SMA), pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi. Wajib belajar menerapkan keharusan bagi anak-anak untuk memulai sekolah di Prathom 1 atau sama dengan kelas 1 SD. Thailand memiliki sistem pendidikan yang baik sehingga menempati posisi sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Hal yang membuat takjub dari pendidikan di Thailand yaitu adanya pelaksanaan apel pagi, kegiatan ini wajib bagi setiap sekolah di Thailand, salah satunya yaitu di Anuban Wangmai Sasanasart School, Satun. Apel pagi ini bermanfaat untuk melatih kedisiplinan mengenai waktu dan tanggung jawab bagi setiap warga sekolah khususnya siswa.

Dalam kegiatan apel pagi tersebut siswa tidak hanya melaksanakan pengibaran bendera dan menyanyikan lagu nasional, tetapi di dalamnya juga terdapat menghafal surat-surat pendek, berdo’a bersama, dilaksanakannya one day one sentence, dan yang terakhir yaitu senam yang berlangsung sekitar 10-15 menit.

Sumber : Azhar Nabilah, Mahasiswi PMTK 5, KKN Internasional Thailand


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp