Tim Debat STKIP Kembali Bertanding di Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2020


Kuningan, UPMKnews -- Tim debat yang diwakili 3 mahasiswa STKIP Muhamamdiyah Kuningan, yaitu Handika Rahman Utama Prodi PBSD, Lusi dari Prodi PMTK, dan Lutfiana Purwaningsih dari Prodi PGSD

Masing-masing merupakan mahasiswa semester 5 yang berlaga di KDMI 2020, yang digelar secara Daring (Online) pada hari Senin (24/8/2020) kemarin.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Republik Indonesia.

Kompetisi ini menggunakan sistem Asian Parliamentary System (APS) yang diadopsi dari sistem lomba debat antar perguruan tinggi tingkat Asia Pasifik.

Sistem ini mengharuskan adanya dua tim, yaitu satu tim sebagai pemerintah (government) dan satu tim oposisi (opposition) dalam satu kali perdebatan. Masing‐masing tim terdiri atas tiga pembicara.

Pada kompetisi kali ini semua peserta bertindak sebagai oposisi dengan Mosi yang diberikan secara impromptu, yaitu mosi yang baru diberitahukan tepat sebelum debat dimulai atau pada masa persiapan (20 menit sebelum debat dimulai).

Mosi yang muncul pada jam 09.00 pagi mengenai "Gerakan-gerakan sosial seharusnya lebih berfokus pada ketimpangan kelas ekonomi daripada diskriminasi berbasis identitas (gender,etnis,dan lain-lain)".

“Selain itu Mosi disertai beberapa argumentasi dari pemerintah yang harus dipatahkan oleh pihak oposisi.” Terang Handika.

Dedi Iskandar, M.Pd (Kabag Kemahasiswaan), "kompetisi ini sangat bagus untuk melatih nalar kritis mahasiswa yang terpenting mencoba dan berusaha dengan optimal, urusan menang atau kalah itu adalah bonus, dengan kita berpartisipasi dalam kegiatan KDMI dan NUDC merupakan salah satu poin tambahan untuk akreditasi kampus"

Irfan Fazrul Fallah, M.Pd selaku Dosen Pengarah atau Pembimbing, "kami sangat mengapresiasi perjuangan mahasiswa setelah kemarin NUDC selesai dan dilanjut kali ini dengan KDMI, setelah ini kami akan mempersiapkan untuk kompetisi tahun depan dengan wadah English Club yg didalamnya ada bidang Debat Inggris dan Indonesia."

Hasil atau kemenangan lomba debat KDMI akan diumumkan langsung di laman Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, dua minggu setelah pelaksanaan KDMI. [red]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp