Tingkatkan Kualitas Prodi, LPM STKIP Muhammadiyah Kuningan Laksanakan AMI


Kuningan, UPMKnews -- Untuk mengevaluasi mutu sekaligus mendiagnosa masalah dan mencari solusinya, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STKIP Muhammadiyah Kuningan kembali melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi.

AMI adalah salah satu instrument (assesment) evaluasi yang dilakukan untuk pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu kegiatan/program.

STKIP sendiri setiap tahun melaksanakan AMI yang dilakukan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), dan tahun ini berlangsung pada tanggal 4 - 6 Juli 2020, dengan diikuti oleh Prodi PJKR, PMTK, PBSD, PG-PAUD, PTIK dan PGSD. 

Acara dibuka resmi oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai 3, Selasa (4/8).

Nanan Abdul Manan yang didampingi langsung oleh Wakil Ketua 1 dan 2 dalam sambutannya mengatakan, AMI menjadi salah satu instrument penting sebagai evaluasi yang dilakukan untuk memetakan persoalan dan melakukan perbaikan.

"Karenanya enam Program Studi yang ada di STKIP agar melengkapi semua dokumen yang terkait dengan penjaminan mutu internal, dan hal ini menjadi modal STKIP untuk memperbaiki peringkat akreditasi menuju akreditasi unggul," ujar Nanan.

Ketua menambahkan, untuk meningkatkan kinerja lembaga harus melalui tiga poin penting seperti kelengkapan dokumen organisasi, dokumen normatif dan dokumen mutu.

Opah Ropiah, M.Pd selaku Ketua Penjamin Mutu menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan audit mutu internal (AMI) adalah  suatu  pemeriksaan  yang  sistematis untuk menjaga  mutu  dan hasilnya  telah  dilaksanakan sesuai dengan rencana yang ditetapkan untuk mencapai standar nasional pendidikan tinggi.

Dirinya juga menjelaskan poin-poin tujuan AMI: 1) verifikasi pelaksanaan dan efektifitas penerapan sistem mutu di STKIP Muhammadiyah Kuningan; 2) memberi kesempatan teraudit memperbaiki kinerjanya; 3) menjamin standar mutu STKIP Muhammadiyah Kuningan.

AMI dilakukan bukan untuk mencari kesalahan, namun melakukan ferifikasi mendiagnosa dan memetakan persoalan dan pencapaian kinerja Prodi pada satu periode tertentu.

“Kegiatan tersebut juga sekaligus mempersiapkan unit masing-masing dalam melengkapi dokumen yang dibutuhkan demi perbaikan akreditasi kita pada masa yang akan datang.” tegas Opah (4/8)

Oman Hadiana, M.Pd selaku tim auditor AMI menyampaikan, "bahwa secara keseluruhan hasil dari audit atau ferifikasi yang dilakukan oleh kami selama tiga hari ini alhamdulillah hasil dari penilaian dari masing-masing prodi sudah menunjukan progres yang jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya, semoga terus ditingkatkan, adapun catatan kekurangan-kekurangan bisa langsung diperbaiki," ungkap Oman, saat dipintai keterangan tertulisnya (6/8).

Hadir juga dalam acara pembukaan AMI, Wakil Ketua I (Dr. Casnan, M.Si) dan Wakil Ketua II (Hermawan, M.Si). (asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp