Tingkatkan Kualitas Riset Mahasiswa, Pusat Pelatihan dan Pengembangan Gelar Workshop Metode Penelitian Kuantitatif


Kuningan, UPMKnews --- Beberapa hari yang lalu Pusat Pelatihan dan Pengembangan STKIP Muhammadiyah Kuningan telah menggelar Webinar, dengan bertajuk “Penguatan Metode Penelitian Kuantitatif,” Selasa, (19/1/2021).

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nanan Abdul Manan, M.Pd, menghadirkan dua narasumber hebat, yakni Dr. Uba Umbara, M.M.,M.Pd dan Dr. Boby Agustan, M.Pd. Keduanya adalah dosen tetap STKIP Muhammadiyah Kuningan. Dan dimoderatori oleh saudara Ribut Wahidi, M.Pd, dengan target peserta rata-rata mahasiswa tingkat akhir yang akan dan sedang melakukan tahap penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Peserta yang mengikuti sangat antusias, bahkan bukan hanya peserta dari TKIP Muhammadiyah Kuningan saja, dari perguruan tinggi lain dan umum juga sangat banyak. Dan itu sangat wajar, mengingat tingginya minat khususnya di kalangan mahasiswa tingkat akhir dalam memilih judul skripsi banyak menggunakan pendekatan atau metode kuantitatif. Hal itu dilaporkan langsung oleh Ketua Pusat Pelatihan dan Pengembangan, Oman Hadiana, M.Pd kepada UPMKnews, Jum’at (22/1).

Uba Umbara dalam paparannya menjelaskan tentang pentingnya Studi Filsafat dalam Penelitian Pendidikan, diantaranya ada 4 poin yang menjadi kajian penting dalam penelitian pendidikan, diantaranya: Phenomenology (Kajian tentangpengalaman); Ethnomethodology (Kajian tentangkomunitas); Symbolic Interaction (Kajian interaksiantarmakna); dan Critical Pedagogy (Kajian untukperubahan).

Selain itu Uba menjelaskan 2 paradigma penting dalam penelitian yang harus dipahami, yakni Paradigm Postpositivisme yaitu ukuran kebenaran didasarkan pada esensi (sesuai dengan hakekat obyek) dan kebenarannya bersifat holistik. Selanjutnya Paradigm Positivisme yaitu ukuran kebenaran tergantung pada jumlah (atau seberapa besar), dan bersifat probalistik.

Diperkuat materi yang disajikan oleh Boby Agustan, dalam kesempatan itu Boby lebih merinci definisi mendasar dalam kerangka penelitian, diantaranya ia menjelaskan apa itu metode, jenis pendekatan kuantitatif, korelasi antar variabel, jenis-jenis korelasi, serta langkah-langkah dalam penyusunan penelitian yang baik dengan menggunakan metode kuantitatif. (sekre)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp