Untuk Menggebrak Wawasan dan Peningkatan Kualitas Profesional, Prodi PMTK menyelenggarakan Kegiatan Keilmuan


Kuningan, UPMKNews-Dalam rangka merealisasikan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang sebelumnya diraih oleh Prodi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan, sejak hari Selasa-Rahu (15-16/11/2022), Prodi PMTK menyelenggarakan serangkaian Kegiatan Pengembangan Dosen dan Mahasiswa. Bertempat di Lingkungan Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Dimulai dari kegiatan Seminar Peningkatan Keterampilan Pedagogik dan Pelatihan Analisis Pengelolaan Data Kualitatif, Kuantitatif serta Mix Methode, hingga Pelaksanaan Stadium General dan Motivasi Studi Lanjut.

Mengundang hadir Irsan Fajar, M.Pd (Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Cigugur sekaligus Intrukstur Pendidikan Nasional),  Moh. Rohmat, S.Si (Ketua MGMP Matematika SMA) , Topic Offirstson, M.Si., M.Pd, Dr. Andriyani, M.Pd (Dosen Pascasarjana S2 Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta),  dan Prof. Dr.Heris Hendriana, M.Pd (Ketua Pascasarjana IKIP Siliwangi) sebagai Pemateri.

Dihadiri oleh Nanan Abdul Manan, M.Pd selaku Ketua STKIPMKu, Hermawan, M.Si selaku Wakil Ketua 2, Evan Farhan Wahyu Puadi, M.Pd selaku Kaprodi PMTK, seluruh Dosen Homebase PMTK, staff prodi PMTK dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Evan menyampaikan agar mahasiswa PMTK dapat terus antusias dan semangat dalam menerima Ilmu apapun meski tidak berkaitan dengan Matematika, “Sejatinya dalam setiap Ilmu itu ada Matematika, karena Matematika ada di setiap unsur kehidupan”.  Tutur Evan

“Bapak harap kalian dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, selain untuk menambah wawasan, jadikan kegiatan ini sebagai cara menggali kemampuan kalian menuju keprofesionalan khususnya di Pendidikan Matematika” tambahnya.

Senada dengan Evan, Nanan menuturkan bahwa setiap kegiatan yang positif itu memiliki Konektifitas yang tinggi nantinya, “Konektifitas dalam pendidiakan itu sangat penting, selain untuk memperluas networking dan management system, kegiatan-kegiatan seperti sekarang ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, karena dapat mengembangkan pendidikan melalui pengalaman.”

Ia menambahkan, “semakin kalian memiliki ilmu dan pengalaman yang baik, maka suatu saat pasti kalian dapat menjadikan pendidikan lebih baik dan berkembang. Bapak membuka kesempatan untuk pelaksaan KKN Luar Negeri itupun tak lain untuk Konektifitas dan pengembangan diri kalian.”

“bapak ingin kalian menggali dan mencari ilmu sedalam serta sejauh mungkin lalu kembali ke Indonesia khususnya ke Kuningan dalam keadaan siap mengembangkan Pendidikan. Tanpa Konektifitas, Pendidikan akan mengalami kemunduran.” Pesan Nanan

Tak jauh berbeda, Hermawan menyemangati seluruh mahasiswa PMTK , “Ikuti  setiap kegiatannya dengan serius untuk mengembangkan da meningkatkan Kualitas diri khususnya sebagai Pendidik Matematika di masa depan nanti”.

Seluruh Pemateri kompak memberi motivasi agar seluruh mahasiswa Prodi PMTK memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam studinya sehingga dapat tercipta Guru-guru Profesional yang Berkarakter, Berwawasan Luas, dan siap mengembangkan pendidikan lingkup regional maupun Nasional.

Dari 20 Program Hibah PKKM sudah ada beberapa Program lain yang diselenggarakan sebelum kegiatan 2 hari ini, yaitu :

  • Program Asistensi Mengajar
  • Pertukaran Mahasiswa
  • Study Banding Pengadaan Kelas Kolaoratif dan Program Studi ke Universitas Pendidikan Indonesia (31 Oktober – 2 November 2022)

(sekre/Dennia)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp