Webinar Nasional UNMA, Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan Jadi Narasumber


Kuningan, UPMKnews -- Uba Umbara, MM.,M.Pd Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan jadi pemateri dalam kegiatan webinar nasional, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Majalengka (UNMA), pada Rabu (22/7/2020).

Di webinar kali ini, materi yang disampaikan oleh Uba, sebagian materinya pernah disinggung juga di webinar sebelumnya, yang di gelar oleh Prodi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Unpas (15/7) belum lama ini, yaitu tentang ethnomodeling sebagai pendekatan metodologis yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk ethnomathematics.

Kali ini menurutnya, ethnomodeling merupakan bentuk inovasi dalam riset ethnomathematics, karena sebagai suatu pendekatan metodologis, ethnomodeling memenuhi semua unsur yang termasuk kedalam sebuah inovasi dalam riset, yaitu new ideas, make change, introduce new things and make progress.

Menurut pria yang sedang menyelesaikan program doktornya di UPI Bandung menyebutkan, bahwa belum banyak peneliti yang mengeksplorasi riset menggunakan ethnomodeling bahkan di Indonesia mungkin baru diteliti oleh nya.

Menurut Uba, ethnomodeling merupakan suatu bentuk evolusi konsep dari ethnomathematics sebagai genre penelitian yang mampu menghasilkan riset dalam ethnomathematics secara mendalam dan komprehensif. Terangnya.

Dua narasumber lainnya adalah Dr. Hepsi Nindiasari, M.Pd Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, kemudian Dr. Lilis Marina Angraini, M.Pd Dosen Universitas Islam Riau.

Dialog ilmiah dengan mengusung tema "ngobrol santai matematika, inovasi pembelajaran kini dan nanti" dihadiri ratusan dosen, mahasiswa dan praktisi, melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Nanan Abdul Manan, M.Pd, apresiasi kepada Uba sebagai dosen yang memiliki talenta di bidang riset, semoga kepercayaan UNMA kepada dosen STKIP bisa terus terjalin, kata Nanan kepada UPMKnews kemarin (23/7)

(asa)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp