Pengembaraan Mapala Sagarmatha: Penelitian Tebing Kimaung di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai


Kuningan, UPMKNews -- UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sagarmatha STKIP Muhammadiyah Kuningan telah melaksanakan kegiatan pengembaraan Penelitian Tebing Kimaung di daerah Taman Nasional Gunung Ciremai, Jumat-Selasa (23-27/06/2023).

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sagarmatha didirikan pada tanggal 15 September 2017. Saat ini Mapala Sagarmatha sudah memiliki 3 angkatan dimulai dari angkatan 01 “Heulang Cakrawala”, angkatan 02 “Serigala Purnama” dan angkatan 03 “Kuda Halimun”. 

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk menjadi bagian dari keluarga besar Mapala Sagarmatha, salah satunya yaitu Pengembaraan. Kegiatan pengembaraan ini dilakukan tentunya sebagai salah satu syarat untuk menjadi Anggota Penuh Mapala Sagarmatha, angkatan 003 “Kuda Halimun”.

Penelitian Tebing Kimaung di Daerah Taman Nasional Gunung Ciremai menjadi ajang untuk mengembangkan Divisi Climbing yang ada di dalam Organisasi Mapala Sagarmatha. Selain itu, dari angkatan terdahulu diketahui belum ada penelitian mengenai tebing.

Pengembaraan ini dilakukan untuk menindaklanjuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) 003 yang sudah dilakukan pada hari Minggu-Jumat (1-6/01/2023) di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Palutungan.

Kegiatan pengembaraan tentang tebing bertujuan untuk dapat mengetahui teknik apa yang cocok dilakukan untuk pemanjatan dan penurunan pada tebing yang diteliti. 

Pengembaraan tebing bisa menjadi acuan bagi angkatan Mapala Sagarmatha untuk dijadikan kegiatan tambahan, seperti kegiatan latihan atau materi lapangan dan dapat digunakan juga dalam kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) maupun Pendidikan Lanjutan (Dikjut). Serta pada umumnya hasil penelitian ini digunakan sebagai arsip penelitian Mapala Sagarmatha dan ditindak lanjuti untuk keperluan penelitian maupun pemanfaatan yang resmi dikemudian hari.

Sumber: April (Pengurus Mapala Sagarmatha)

Editor: Deliya


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp