Rubah Kebiasaan Buruk dan Mulai Kembangkan Diri


Kuningan, UPMKNews -- Berbicara mengenai kebiasaan, yang pasti berkaitan dengan aktivitas kita keseharian, entah itu dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali. Kebiasaan yang dilakukan ternyata sangat berpengaruh besar terhadap hidup kita. Apalagi kebiasaan yang dilakukan adalah kebiasaan buruk, tentu tanpa kita sadari akan mempengaruhi kehidupan hari ini dan yang akan datang. Lalu apa yang harus dilakukan, yang pasti kita harus rubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

Kebiasaan buruk yang mungkin masih sering kita jumpai dikalangan mahasiswa  adalah masih bertahan di zona nyamannya. Bertahan di zona rebahan, scroll sosial media dan sering begadang yang tidak berfaedah sama sekali. Nah, hal-hal seperti inilah yang akan menghalangi diri kita untuk produktif dan berkembang. Berbeda dengan orang Jepang, orang yang berusia lanjut usia pun masih tetap produktif  dan rela meninggalkan zona nyamannya hanya karena mereka tidak mau menyia-nyiakan waktunya. Masa kita yang masih muda kalah dengan orang yang lanjut usia. Sebagai mahasiswa, kita harus bisa menganalisis hal ini.

Berbagai hal yang mempengaruhi, kita enggan untuk keluar dari zona nyaman. Tentu faktor yang pertama dari diri kita. Kurangnya motivasi dari diri sendiri juga berpengaruh. Dan yang kedua, lingkungan juga ikut mempengaruhi, seperti kondisi lingkungan tempat tinggal dan pergaulan terhadap orang lain terutama teman. Jadi, ayo mulai saat ini rubah kebiasaan buruk kita agar produktif dan yang pasti terus berkembang.

Merubah kebiasaan buruk yang sering kita lakukan sehari-hari tentu tidak mudah, perlu adanya dorongan kuat (motivasi) dari diri kita sendiri. Kita bisa melakukan dari hal-hal yang kecil dulu, seperti mencoba beraktivitas atau melakukan hal-hal baru yang dapat menarik perhatian kita. Dan mulai bangun relasi atapun hubungan dengan orang-orang yang dapat menginspirasi. Dengan begitu kita bisa keluar dari kebiasaan buruk (zona nyaman) dan mampu mengembangkan diri kita.

Kemudian bagaimana caranya kita dapat mengembangkan diri? Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk mengembangkan diri, diantaranya yang pertama tentukan target atau goals yang akan kita dapatkan, menentukan target menjadi hal penting karena target merupakan manifestasi dari harapan ataupun mimpi kita agar kita dapat fokus untuk mencapainya. Buatlah mind mapping yang akan kita targetkan, dengan mind mapping hidup kita akan lebih terarah untuk mencapai masa depan yang kita inginkan.

Kedua rubah pola pikir kita, karena pola pikir akan mempengaruhi perkembangan. Ketiga terus belajar, jangan merasa puas terhadap apa yang kita dapatkan dan terus gali potensi, pengetahuan dan wawasan. Dan yang terakhir lakukan evaluasi, evaluasi juga penting karena dengan evaluasi dapat mengetahui kinerja, kemampuan sekaligus memperbaiki progres yang kita lakukan untuk mencapai tujuan.

Jadi, sekarang ayo beranikan diri untuk kelur dari zona nyaman dan mulai kembangkan diri ya. Sekian, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Penulis: Novita Febriyani

Editor: Deliya


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp