Tahap Evaluasi dalam Aktivitas Pembelajaran di PAUD


Kuningan, UPMKNews -- Melansir dari ujione.id Evaluasi Pembelajaran adalah sebuah proses mendapatkan data dan informasi terkait hasil pembelajaran siswa, sehingga dapat dilakukan penilaian dan perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya.

Istilah evaluasi pembelajaran ini sering diartikan sama dengan ujian. Keduanya memang berkaitan, namun tidak mencakup keseluruhan makna evaluasi pembelajaran yang sebenarnya. Ujian hanya digunakan sebagai salah satu jalan yang dapat digunakan untuk menjalankan proses evaluasi.

Hasil dari evaluasi pembelajaran dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran di kelas. Jika hasilnya belum mampu mencapai tujuan pembelajaran, maka guru dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Evaluasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak didik, serta melihat keberhasilan rencana pembelajaran. 

Setiap aktivitas pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki tahap evaluasi yang berbeda-beda. Beberapa tahap evaluasi yang umum dilakukan pada setiap aktivitas pembelajaran adalah:

Tahap Persiapan

Sebelum melakukan evaluasi, pengajar atau lembaga terkait harus melakukan persiapan terlebih dahulu, antara lain menyusun kriteria evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan anak, menyediakan alat evaluasi yang diperlukan, dan menyiapkan waktu dan tempat untuk melakukan evaluasi.

Tahap Pelaksanaan Evaluasi

Pada tahap ini, dilakukan evaluasi yang terdiri dari berbagai jenis dan metode, seperti:

1). Tes atau ujian

2). Observasi

3). Wawancara atau konsultasi

4). Penugasan individual atau kelompok

Pada tahap ini, pengajar atau lembaga terkait harus memperhatikan hal-hal terkait proses evaluasi seperti memberikan pengarahan yang jelas, menjaga kenyamanan dan kesantunan saat pelaksanaan evaluasi, dan memberikan waktu yang cukup kepada anak untuk melakukan evaluasi dengan baik.

Tahap Penilaian Hasil Evaluasi

Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan harus dinilai atau diolah terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak atau orang tua. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

1). Memberikan nilai atau skor

2). Menyusun laporan hasil evaluasi

3). Memberikan saran dan masukan kepada pengajar dan orang tua.

Penulis: Zidni Khoerul Utami, PG-PAUD Semester 3


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp