Kuliah Inovasi Pendidikan, Dosen Ajak Mahasiswa Berkolaborasi Langsung dengan Sekolah Penggerak


Kuningan, UPMKnews --- Puasa gini aktivitas perkuliahan harus tetap semangat, gak boleh loyo nanti gak dapet pahala banyak dari allah SWT. Beragam aktivitas pembelajaran pun dilakukan oleh mahasiswa PGSD bersama dosen pengampu. Salah satunya mahasiswa Kelas 6A, dalam mengikuti perkuliahan Inovasi Pendidikan yang diampu oleh H. Pipin Mansyur Aripin , M.Pd, dengan pendekatan pembelajaran mahasiswa terjun langsung dan berkolaborasi dengan sekolah berjuluk sekolah penggerak, yakni di SDN 2 Karangtawang Kuningan. 

Dosen pengampu yang dalam hal ini juga sebagai Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, lebih memilih mengajak para mahasiswa terjun langsung ke sekolah agar mampu berkolaborasi dengan guru dan siswa, sekaligus mengobservasi langsung aktivitas di SD tersebut, mulai dari aktivitas siswa, cara guru dalam mengajar, administrasi dan inovasi serta budaya sekolah. 

Disampaikan langsung oleh dosen pengampu, bahwa pilihan SDN 2 Karangtawang sangat tepat, karena SD tersebut sudah berfokus padaimplementasi program sekolah penggerak, disana sudah menitikberatkan pada hasil belajar siswa secara holistik mencakup kompetensi (literasi dan numerasi), pendidkan karakter dengan didukung oleh SDM yang unggul, seperti kepala sekolah dan guru-guru.

Selama 4 pekan mahasiswa melakukan observasi dan praktek mengajar langsung di SDn 2 Karangtawang. Hari Selasa (19/3) merupakan penutup dari rangkaian kegiatan di sekolah. “Banyak pengalaman yang didapatkan, karena dengan metode seperti ini mahasiswa real dapat ilmu dan pangalaman baru. Walaupun kami sudah pernah melakukan magang dan asisteni tapi kali ini kami mendapat insight baru tentang pentingnya invovasi dalam pendidkan, dan saya dapatkan itu dari SDN 2 Karangtawang,” ungkap Novita, salah satu mahasiswi.

“Dari hasil praktek di lapangan, maka hasilnya akan kita catat dan kita susun menjadi sebuah laporan, yang nantinya bakal di presentasikan di kelas,” kata Novita lagi. (*)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp