Sosialisasi KKN Kemitraan Internasional Malaysia Tahun 2023


Kuningan, UPMKNews – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STKIP Muhammadiyah Kuningan adakan Sosialisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kemitraan Internasional Malaysia Tahun 2023, pada Rabu (20/09/2023) Via Zoom Teleconference.

Sosialisasi Via Zoom ini diikuti oleh Wakil Ketua II, Hermawan, M.Si, Ketua LPPM, Dr. Oman Hadiana, M.Pd, Divisi Penelitian, Hana Astria Nur, M.Pd, Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat, Tio Heriyana, M.Pd, mahasiswa semester I, III, dan V, serta tiga belas orang semester VII yang telah mengikuti KKN Internasional untuk berbagi pengalaman.

“KKN Internasional merupakan salah satu kesempatan untuk mahasiswa. Sebab, pada kegiatan ini tidak hanya KKN belajar saja, tetapi ada nilai wawasan, nilai pengembangan diri termasuk pengalaman ke luar negeri. Meskipun KKN Internasional dilaksanakan untuk semester V, bagi mahasiswa/i semester I dan III bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang,” tutur Hermawan.

Walaupun kegiatan KKN Kemitraan Internasional sasarannya adalah mahasiswa/i semester V. Namun, dengan adanya sosialisasi tersebut tentunya akan menjadi bahan bagi mahasiswa/i semester I dan III dalam mempersiapkan amunisi untuk mengikuti KKN Internasional pada semester V yang akan datang.

KKN Kemitraan Internasional merupakan program yang diselenggarakan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan pendaftaran melalui Web Asosiasi LPTK Perguruan Tinggi Muhammadiyah (ALPTKPTM).

Tahun 2023, STKIP Muhammadiyah Kuningan akan mengikuti program tersebut dengan tujuan negara Malaysia. Langkah utama yang dilakukan mahasiswa yaitu mendaftarkan diri melalui web kampus.

Pada sosialisasi KKN Kemitraan Internasional Malaysia tahun 2023, panitia menjelaskan beberapa teknis, anggaran dan juga peraturan.

Dasar pelaksanaan program KKN KI MBKM, pertama: Kolaborasi Pengembangan Akademik KKN KI dan PkM KI antar PTMA, kedua: Kolaborasi Pelaporan KKN KI dan PkM KI antar PTMA, ketiga: Kolaborasi Luaran KKN KI dan PkM KI antar PTMA, keempat: Kolaborasi Sitasi dan Indeksasi KKN KI dan PkM KI antar PTMA.

Mahasiswa yang mengikuti program KKN KI dan PkM KI akan ada konversi mata kuliah sesuai Program Studi, mulai dari KKN-Dik (semester 7), Skripsi/Tugas Akhir (semester 8), Magang Dasar, Magang Lanjutan, bahkan beberapa mata kuliah yang ada di semester 5 dan 6. Maka, mata kuliah yang dikonversi akan diganti dengan kegiatan KKN Internasional tersebut. Adapun mata kuliah yang tidak dikonversi pada semester 5, mahasiswa/i tetap melaksanakan perkuliahan dari jarak jauh.

Adapun persyaratan peserta diantaranya:

1. Mahasiswa Aktif PTMA program Sarjana minimal semester V.

2. Belum menikah.

3. Sudah vaksin booster.

4. Lolos seleksi administrasi (sehat jasmani-rohani, izin orang tua/wali, ijin prodi, IPK minimal 3.00, dan lain-lain).

5. Lolos seleksi wawancara (Kemandirian, kedewasaan, kejujuran, AIK, dan pengalaman organisasi, dan lain-lain.

6. Seleksi dilakukan 2 tahap:

- Tingkat masing-masing PTMA.

- Tingkat Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah cq panitia PPM KI MBKM PTMA.

Tercatat pelaksanaan kegiatan, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan dan pembekalan, proses penguatan dan pemberdayaan masyarakat internasional di lapangan secara berkesinambungan, analisis dan refleksi tindak lanjut, dan penyusunan luaran.

Informasi terkait Time Line Kegiatan KKN-KI Malaysia Tahun 2023:

1. Sosialisasi Program (20 September 2023)

2. Pendaftaran (22-25 September 2023)

3. Seleksi (26 September 2023)

4. Pengumuman Hasil Seleksi (27 September 2023)

5. Penetapan Mahasiswa KKN-KI (28 September 2023)

6. Pembuatan Paspor (29 September 2023)

7. Pembekalan Peserta KKN-KI (30 September - 7 Oktober 2023)

8. Penyusunan Program (7 Oktober-7 November 2023)

9. Pelaksanaan KKN-KI (8 November-Desember 2023)

10. Monitoring dan Evaluasi (1-2 Desember 2023)

11. Penyusunan Laporan (11-31 Desember 2023)

12. Diseminasi Hasil KKN-KI (12-13 Januari 2024)

13. Penyusunan Artikel Publikasi dan Luaran (15 Januari - 15 Februari 2024)

Contact Person: Tio Heriyana, M.Pd. (0856-5983-3960)

Penulis: Deliya


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp