Masa Ta'aruf dan Makrab PGPAUD


Kuningan, UPMKNews -- Dalam rangka menyambut mahasiswa baru, Hima PG-PAUD mengadakan kegiatan Masta (Masa Ta'aruf) sekaligus Makrab (Malam Keakraban) yang dilaksanakan selama 2 hari 1 malam, yaitu mulai hari Jumat-Sabtu yang bertepatan dengan tanggal 27-28 Oktober 2023 di Buper Ipukan. 
Untuk Masta dan Makrab kali ini yaitu mengusung tema "Membangun Keakraban, Eratkan Kekeluargaan Melalui Indahnya Kebersamaan".

Acara ini merupakan salah satu program kerja Hima PG-PAUD yang rutin setiap tahunnya selalu dilaksanakan. Pembukaan Masta dan Makrab ini dihadiri oleh Bapak Erik, M.Pd (Ketua Prodi PG-PAUD), Dosen Home Base PG-PAUD, Ketua DPM, Ketua BEM, para Ketua Hima dari prodi lain, serta para tamu undangan lainnya.

Pembukaan Masta dan Makrab ini dibuka oleh Ketua Prodi PG-PAUD, yaitu Bapak Erik, M.Pd. yang mewakili bapak Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan dikarenakan beliau berhalangan hadir. Namun, Alhamdulillah ba'da Jumatan Bapak Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd. (Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan) yang didampingi oleh Bapak Hermawan, M.Si. (Wakil Ketua 2) turut hadir di kegiatan Masta dan Makrab PG-PAUD sekaligus memberikan sambutannya. "Dalam proses kematangan, ada 3 kunci utama yang harus diperhatikan. Pertama Input, Proses, Output. Kedua, akademik dan organisasi. Ketiga, Kolaborasi", tutur Bapak Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Sesuai dengan temanya, kegiatan Masta dan Makrab ini bertujuan untuk memberikan kesan berharga dan lebih saling menguatkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa reguler, RPL maupun dengan sesama Dosen. 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik. Di hari pertama, ada penyampaian materi yang diisi oleh Bunda Nika Cahyati, M.Pd. dengan tema "Pentingnya Mengenal Karakteristik AUD bagi Orang Tua dan Tenaga Pendidik" yang tentunya banyak memberikan pengetahuan yang lebih luas dalam hal mendidik anak agar belajar menjadi orang tua dan guru yang bijak. 

Selain diisi oleh Bunda Nika, kegiatan Masta dan Makrab ini juga diisi dengan penyampaian materi dari Bapak Sopian Asep Nugraha, M.Pd. dengan tema "Pendidikan Anak dalam Keluarga Islam". Penyampaian materi ini juga sangat menarik sekali dan audiens menyimak dengan baik. 

Tak hanya itu, kegiatan Masta dan Makrab PG-PAUD juga diisi oleh kegiatan-kegiatan menarik lainnya seperti hiking, games, senam sehat, makan bareng, penampilan pentas seni, renungan, kegiatan religi seperti sholat berjamaah, sholat tahajud, ngaji bareng, pembagian hadiah-hadiah dan acara-acara lainnya yang tak kalah menarik dan bermanfaat.

Di hari terakhir, ada beberapa peserta yang menyampaikan pesan dan juga kesannya selama mengikuti kegiatan, mereka menyampaikan kesan-kesan yang positif dan pesan yang membangun. 

Sampai di penghujung acara, kegiatan Masta dan Makrab PG-PAUD Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada halangan apapun. Tujuan dari kegiatan ini pun terealisasikan dengan penyampaian kesan pesan para peserta kegiatan Masta dan Makrab yang cenderung memberikan pandangan yang positif. Dan sesuai dengan temanya, yaitu "Membangun Keakraban, Eratkan Kekeluargaan Melalui Indahnya Kebersamaan" akhirnya membuahkan hasil yang baik. Para peserta dan panitia saling bergandengan tangan dan menciptakan iklim kebersamaan yang terjalin dengan baik.

Penulis: Wini Wahdaniah, PGPAUD


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp