2 Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan Ikuti Konferensi Internasional di Jepang


Kuningan, UPMKNews -- Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi hasil penelitian dan jejaring internasional, 2 orang dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan, Ricki Yuliardi, M.Pd dan Nunu Nurfirdaus, M.Pd berkunjung ke Negeri Sakura, Jepang, untuk mengikuti International Conference on Intelligent Information Management (AIIM/ IP-IM) 2024 yang bertempat di Universitas Aizu, Aizuwakamatsu, Fukushima, Jepang, 14-21 Mei 2024. Konferensi ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara, seperti Jepang, Indonesia, Filipina, Hongkong, China, USA, Jerman, India dan negara lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Ricki Yuliardi, M.Pd mempresentasikan artikel tentang implementasi STEM berbasis teknologi dalam ruang pembelajaran masa depan, sedangkan Nunu Nurfirdaus, M.Pd mempresentasikan artikel tentang meaningfull learning bagi siswa di daerah nelayan di Kabupaten Cirebon.

Ketika ditanya tentang kesan kesan-kesan selama mengikuti konferensi, Ricki menyampaikan banyak ilmu yang dapat dipelajari, selain bisa belajar tentang budaya orang jepang yang terkenal disiplin, bersih dan teratur, selama di Jepang  juga dapat menjalin jejaring, bertukar ide dan gagasan tentang keilmuan dengan para akademisi dari berbagai negara peserta konferensi.

Selain itu Nunu menambahkan bahwa dengan mengikuti konferensi ini dapat meningkatkan kualitas dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan juga dapat menikmati indahnya tempat-tempat ikonik di Jepang seperti Tokyo Tower, Senshoji Temple, Shibuya Station, Mesjid Camii di Tokyo juga Tsuruga Castle di daerah Aizu, Fukushima.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., menyampaikan apresiasi, “pimpinan senantiasa memberikan support kepada semua dosen dalam rangka peningkatan mutu akademik dan International Conference adalah salah satu medianya untuk berbicara pada level internasional. Sehingga diharapkan peningkatan mutu akademik dosen akan berbanding lurus dengan peningkatan mutu pengajaran, pembelajaran, penelitian bahkan pengabdian pada level mahasiswa dan dapat meningkatkan kepercayaan public bahwa dosen-dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki kualitas yang unggul. Hal ini juga semoga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menguliahkan putra-putrinya di Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan,” tuturnya.

Begitupun ketua BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Muh. Samsuddin, S.Ag, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas pencapaian ini, hal ini dapat menjadi modal yang bagus, khususnya menjelang perubahan status menjadi Universitas Muhammadiyah Kuningan, semoga dapat memacu dose-dosen yang lain untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran maupun publikasinya sesuai standar Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. (Deliya)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp