Antisipasi Kasus Bullying, Mahasiswa PGSD STKIPM Kuningan Adakan Sosialisasi di SMPN 2 Lebakwangi


Kuningan, UPMKNews -- Apa itu Bullying dan Bagaimana Dampaknya? Bullying menjadi Permasalahan yang patut untuk diperhatikan di Negara Kita, berdasarkan hasil riset KPAI Indonesia menduduki peringkat 5 dengan kasus bullying terbanyak di dunia.

"Bullying itu sendiri merupakan bentuk tindakan penindasan/kekerasan yang dilakukan oleh satu orang atau kelompok secara sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan untuk melukai/menyakiti seseorang hingga mengakibatkan ketidaknyamanan. Lalu dampak mengakibatkan dua dampak, yaitu dampak Jangka Pendek yang menyebabkan seseorang melakukan isolasi sosial karena merasa dirinya tidak layak berada di tempat tersebut lalu akan timbul pengindaran sekolah, yang dalam hal ini korban bullying akan malas untuk pergi ke sekolah," ucap Rahma Ayu Fauziyah sebagai Narasumber.

"Adapun jangka panjang yang dapat terjadi yaitu depresi kronis dan akan timbul perasaan untuk menyakiti diri sendiri hingga akhirnya ada pikiran untuk bunuh diri. Tentunya dalam hal ini para remaja harus meng-improve diri agar tidak terhindar dari perilaku bullying dengan menjaga lingkungan pertemanan yang positif dan membangun dalam antisipasi kenaikan angka kasus bullying di Indonesia," tambahnya.

Hari ini tepatnya tanggal 29 Mei 2024, perwakilan Social Connect Ambassador Program 2024 Rahma Ayu Fauziyah beserta rekannya dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Semester 2B STKIP Muhammadiyah Kuningan, yang beranggotakan 6 Orang diantaranya Izzatun Nawawi, Ridho Juliano, Ikbal Fauzie, Siti Fatimah, Siti Hamidah dan Alifah Nur Habibah yang ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan Sosialisasi tentang Bullying di SMP Negeri 2 Lebakwangi. 

Kegiatan yang sambut dengan hangat oleh Ibu kepala sekolah yaitu Ibu Nanih Sri Hartati, S.Pd serta kegiatan yang diisi dengan pemaparan materi, QnA dan games ini di sambut dengan antusias dari anak-anak kelas 8. Rahma Ayu Fauziyah sebagai narasumber sekaligus perwakilan dari Ambassador Kesehatan Mental berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadikan insight baru serta menjadikan anak-anak bisa lebih aware terhadap bullying bagi anak-anak kelas 8 di SMP Negeri 2 Lebakwangi. (Rahma Ayu Fauziyah)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp