HIMA PGSD Adakan Pembuatan P5 di SDN Cipari Guna Tingkatkan Kemandirian Siswa


Kuningan, UPMKNews -- Sabtu, 08 Juni 2024 Hima PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan Kegiatan P5 di SDN Cipari yang beralamat di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Kegiatan yang merupakan program kerja dari bidang pendidikan HIMA PGSD ini bertujuan untuk menanamkan kebebasan dan kemandirian pada peserta didik dalam menentukan pendidikan sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

Pada kegiatan P5 tersebut, HIMA PGSD mengajak siswa kelas 3 SDN Cipari untuk membuat produk berupa karya dari bahan-bahan sederhana. Kegiatan dimulai dengan perkenalan dan ice breaking kemudian siswa dibagi ke dalam 5 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 5 siswa dan 1 orang pendamping dari HIMA PGSD.

Fokus utama dari kegiatan ini adalah siswa diminta untuk membuat 2 produk yaitu lukisan pohon tiga dimensi dan hiasan bunga dari cotton buds. Kedua produk tersebut dibuat dari bahan-bahan yang sering ditemui sehari-hari.

Untuk membuat lukisan 3 dimensi hanya diperlukan kardus, selotip serta daun dan bunga hidup. Lalu untuk membuat hiasan bunga dari cotton buds bahan yang dibutuhkan yaitu kardus, cotton buds, plastisin/clay serta spidol. Meskipun terbuat dari bahan sederhana kegiatan ini dapat merangsang kreatifitas siswa.

Setelah proses pembuatan produk, siswa saling memperlihatkan hasil karya yang sudah dibuatnya kepada kelompok lain. Kemudian kegiatan ditutup dengan foto bersama para guru serta siswa-siswi SDN Cipari.

Melalui kegiatan P5 ini, siswa dapat melatih konsentrasi dan kerja sama. Selain itu, siswa juga belajar untuk memanfaatkan bahan bekas untuk membuat karya yang menarik dan dapat dimanfaatkan sesuai fungsi dari karya yang telah dibuat.

Penulis: Windi

Editor: Yusi


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp