Inovasi KALAM KAHPI Semester V, Siap Cetak Mahasiswa Mampu Berkiprah di Masyarakat


Kuningan, UPMKNews -- Target STKIP Muhammadiyah Kuningan melalui Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) dengan inovasi baru pada program Kajian Malam (KALAM) dan Kajian Ahad Pagi (KAHPI) semester V mampu mencetak mahasiswa/i unggul dan siap berkiprah di masyarakat.

Langkah yang menjadi jembatan dalam mempersiapkan mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan berkecimpung di dunia masyarakat, tentu dengan adanya inovasi baru penerepan metode Muhadhoroh yaitu berupa dakwah lisan.

Dalam hal ini, mahasiswa tidak hanya mendengarkan kajian dari pemateri saja. Namun, adanya kegiatan baru dengan penerapan metode Muhadhoroh mampu mempraktikan melalui peran sebagai pembawa acara menggunakan 2 (dua) Bahasa Asing, tilawah, sari tilawah, mahasiswa pun dilatih kesiapannya sebagai pemberi sambutan sesuai peran yang akan dibawakan seperti Kepala Desa ataupun lainnya, kemudian mampu menjadi penceramah, tahfiz dan juga peran yang membacakan do'a dengan kelompok yang telah dibagikan.

Adapun harapan yang disampaikan oleh Ketua LAIK, Asep Usamah, M.Pd.I, "melalui format baru pada kegiatan ini, kami ingin mahasiswa/i STKIP khususnya semester V terbiasa dengan public speaking dan penggunaan 2 (dua) bahasa asing. Hal tersebut menjadi langkah persiapan menuju KKN yang akan berkolaborasi bersama masyarakat setempat bahkan akan berdampak baik juga di lingkungan rumah mereka," ucapnya.

Penerapan metode Muhadhoroh dilakukan perdana pada kegiatan KALAM dan KAHPI semester V, hari Sabtu dan Ahad (07-08/10/2023) serta diikuti dengan antusias tinggi dari mahasiswa/i.

Tidak hanya itu Sopian Asep Nugaraha, M.Pd. selaku DKM menuturkan, "berkaitan dengan KALAM KAHPI, atas nama DKM tentu menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada LAIK yang telah mengadakan kegiatan ini dengan nuansa sejuk bahkan sampai dengan fasilitas pendukung. Harapan dari DKM, Kajian Malam dan Kajian Ahad Pagi senantiasa berjalan serta memberikan warna bagi kehidupan mahasiswa/i STKIP untuk selalu melaksanakan shalat dan peduli dengan Masjid," tuturnya. (Deliya)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp