Pengkajian Ramadhan, Ahmad Dahlan: Membangun Komitmen Bermuhammadiyah dalam Bingkai Perguruan Tinggi


STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar Pengkajian Ramadhan 1445 H, yang dihadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Prof Dr H Ahmad Dahlan, M.Ag, sekaligus narasumber, Minggu (24/3/2024) di Masjid Nuroh' Binti Sholeh Al-Mudafii STKIPMKu.

Dalam agenda pengkajian, Ketua STKIPMKu, Dr. Nanan Abdul Manan menyampaikan, ramadhan merupakan waktu terbaik untuk introspeksi dan perbaikan diri. Beliau mengajak agar dosen dan tendik yang merupakan peserta pengkajian, agar sama-sama meningkatkan kebaikan dibulan ramadhan.

"Gunakan kesempatan untuk memperbaiki diri secara pribadi dan profesional dalam bingkai Bermuhammadiyah," ajaknya.

Adapun pesan-pesan yang disampaikan oleh Ketua PWM dalam tausiyahnya, dirinya mengajak kepada civitas akademika agar mendorong kegiatan keagamaan seperti kajian Islam, pengajian, dan kegiatan sosial kemasyarakatan yang sesuai dengan nilai-nilai Muhammadiyah harus bisa dipahami secara mendalan oleh dosen dan tendik.

Sebagai kader Muhammadiyah harus keluar dari rumah, dalam artian keluar rumah tidak hanya mencari rejeki saja. Tetapi kita menjadi soerang professional agar mampu mengajak kepada kebaikan kepada masyarakat, mampu mencerahkan masyarakat. Warga Muhammadiyah harus punya bekal untuk akherat. Tidak hanya melulu mencari rejeki apalagi berupa uang atau harta.

Jadi dosen harus produktif sehingga perguruan tinggi ini bisa lebih maju. Dosen karyawan harus bisa memanfaatkan momentum. Bangunlah nilai tambah dengan cara jadilah dosen yang baik yang berkomitmen terhadap muhammadiyah dalam menebar kebaikan kepada sesama.

Pesan terakhir ketua PWM, "Jangan jadi manusia nomaden, tapi jadila manusia peradaban, yakni: berkarya berkarya dan berkarya dalam bekerja dengan mengabaikan diri untuk muhammadiyah."

Sekedar informasi, kegiatan pengkajian kali ini dihadiri oleh Ketua PDM, Sekretaris dan anggota BPH dan jajaran pimpinan STKIPMKu. (*)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp