Mentoring Mahasiswa, Tingkatkan Pengetahuan dan Jiwa Spiritual


Kuningan - STKIP Muhammadiyah Kuningan membuka resmi kegiatan Mentoring yang diselenggarakan oleh Lembaga Al-Islam dan Ke Muhammadiyahan (AIK), di Masjid Nuroh Binti Sholih Al Mudafi'i kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, Sabtu (29/2/2020) pagi.

Pembukaan mentoring ini dibuka langsung oleh Kepala Kesekretariatan Agus Saeful Anwar, M.Pd, mewakili Pimpinan STKIP Muhammadiyah Kuningan yang berhalangan hadir karena beberapa agenda di luar kota.

Turut hadir juga Ketua Lembaga AIK Asep Usamah, M.Pd.I, Ketua Prodi PG-PAUD Erik, M.Pd, serta didampingi beberapa Dosen pembimbing mentoring (Oman Hadiana, M.Pd, Ratnawati, M.Pd, dan Citra Charisma Islami, M.Pd).

Dalam sambutannya Agus Saeful Anwar menyampaikan, kegiatan mentoring merupakan wadah dalam me-refresh pengetahuan dan ruh spiritual mahasiswa, "semangat spiritual itu sangat diperlukan mahasiswa sebagai penyeimbang dari semangat dalam bidang akademik", kata Agus

"Mahasiswa harus mampu memformulasikan nilai spiritual dan akademik, nilai-nilai tauhid dan moralitas harus menjadi keniscayaan sehingga mahasiswa mampu mengaktualisasikan diri, berfikir mandiri, cakap dalam pemahaman Islam, serta beramal secara profesional sesuai dengan basis ilmu yang dimiliki", pungkas Agus (29/2).

Asep Usamah, M.Pd.I dalam laporannya memaparkan, mentoring yang diikuti seluruh mahasiswa semester 2 ini menjadi agenda rutin setiap tahun, selain upaya dalam penguatan mata kuliah AIK, juga sebagai prasyarat mahasiswa bisa mengikuti tes Baca Tulis Al- Qur'an, "kegiatan ini akan continue dilaksanakan selama satu semester setiap hari sabtu", kata Asep.

Asep juga menyampaikan, yang akan jadi mentor dalam kegiatan tersebut adalah mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang ada di STKIP, dibantu dengan ISC (Islamic Study Club), serta beberapa perwakilan dari HIMA, yang diarahkan langsung oleh dosen pembimbing nantinya, ujar Asep

Mira Mayasarokh, M.Pd, yang merupakan dosen sekaligus pengurus Aisyiyah Ranting STKIP Muhammadiyah Kuningan mengharapkan, "dari kegiatan ini semoga melahirkan pribadi yang berakhlakul karimah".

Deri Muhamad Rojikin, Selaku mahasiswa Ketua ISC berterimakasih kepada lembaga AIK yang sudah memberi kepercayaan kepada pengurus dan anggota ISC untuk menjadi mentor dalam kegiatan tersebut, "semoga dengan ikut mentoring ini mahasiswa bisa lebih mempertajam wawasan keislaman, dan baca tulis Al- Qur'annya", kata Deri. (29/2).

(sekre/asa) 


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp