Pertahankan Nilai Kearifan Lokal, Mahasiswa KKN Dukung Budaya Goroyok Citenjo


Kuningan, UPMKnews --- Kelompok Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Desa Citenjo melalui program Explore Citenjo’s Culture pada minggu pertama, salah satunya dalam kegiatan Saba Desa yang dilakukan dengan berbagai pihak, baik perangkat desa maupun masyarakat setempat telah berhasil mengulik ciri khas yang dimiliki oleh Desa Citenjo yaitu “Goroyok Citenjo”.

Menurut keterangan dari Didi Sudiana, selaku Kepala Desa Citenjo, Goroyok Citenjo merupakan istilah yang digunakan masyarakat mengenai kegiatan gotong royong dan kerja bakti yang dilakukan oleh masyarakat desa (guyub), contohnya pembangunan jalan usaha tani atau jalan ekonomi yang bertujuan untuk memudahkan akses petani dalam menjalankan pekerjaannya.

Tidak hanya dalam kegiatan tersebut, Goroyok Citenjo juga mencakup kegiatan masyarakat yang saling membantu satu sama lain seperti ketika terjadinya musibah, hajatan, tahlilan dan kegiatan sosial lainnya.

“Kedepannya saya berharap, Goroyok Citenjo ini dapat terus ditingkatkan karena kerjasama antara masyarakat dan pemerintahan desa merupakan hal penting untuk kemajuan Desa Citenjo.” Ujar Bapak Kepala Desa Citenjo dalam diskusi program bersama mahasiswa KKN Desa Citenjo. [kkn Citenjo]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp