Menumbuhkan Budaya Literasi pada Siswa


Kuningan, UPMKNews -- Rabu (11/10/2023), 07.00 WIB, Kegiatan Literasi Kelas Rutin di sekolah yang dilakukan rutin setiap hari dengan tujuan untuk menstimulasi siswa agar mampu mengembangkan keterampilan berbahasanya; menyimak, menulis, membaca dan berbicara.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, kegiatan literasi kelas dilakukan selama 15 menit sebelum pembelajaran inti dimulai. SMAN 1 Cigugur melakukan kegiatan literasi dengan metode terbaru yaitu Literasi outdor atau membaca buku bersama di luar kelas selama 15 menit dengan bacaan buku Fiksi, dengan didampingi Guru mata pelajaran pertama guna mentertibkan atau membimbing para siswa. I

Hj.Imik Permasih, S.Pd. menyatakan, “bahwa mulai bulan ini kegiatan literasi fiksi, yang pertama sejak bulan ini mudah-mudahan setiap minggu kesatu kegiatan literasi fiksi dilakukan outdor, yang kedua siswa sudah diberi jurnal dan itu harus diisi hari ini juga kepada wali kelasnya masing-masing karena menjadi penilan bagi wali kelas ada kaitanya dengan pelajaran Bahasa Indonesia, yang ketiga para siswa diharapkan tidak menggunakan buku digital melainkan buku fisik karena ada pernyataan yang berkaitan mengapa buku fisik itu jauh lebih bagus dari pada E-Book.

"Menurut penelitian 70% orang masi menyukai buku fisik dibandingkan E-Book, dan ada informasi menurut dokter anak bahwa dengan anak sering membaca buku digital atau E-Book dapat mempengaruhi tingkat kecerdasaan anak. Untuk para guru juga diusahakan untuk membaca buku fisik dikarenakan dengan membaca buku fisik apapun apalagi umat islam dengan membaca Al-Quran  dapat mengurangi penyakit demensia atau penyakit pikun," tambah Imik.


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp