MUMAS HIMA PGSD, Satukan Persepsi Siap Bentuk Regenerasi Berkemajuan


Kuningan, UPMKNews -- Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD usai laksanakan Musyawarah Mahasiswa bertajuk "Satukan Persepsi Mahasiswa PGSD dalam Membentuk Regenerasi HIMA PGSD Yang Berkemajuan", pada Selasa (11/09/2023) bertempat di Gedung Djarnawi Hadikusumah Lantai III STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Musyawarah Mahasiswa PGSD merupakan suatu agenda yang dilaksanakan setiap pergantian periode dalam menentukan atau melahirkan pemimpin guna menjadikan HIMA PGSD Lebih baik dan berkemajuan.

Turut hadir Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., Wakil Ketua II, Hermawan, M.Si., Ketua Prodi PGSD, Agus Saeful Anwar, M.Pd., Dosen Homebase PGSD, tamu undangan seperti DPM, BEM, Ortom, HIMA dari setiap Prodi dan seluruh pengurus HIMA PGSD.

Ketua HIMA PGSD, Mustaid mengatakan bahwa, “pada kepengurusan 2022-2023 tidak hanya meninggalkan laporan pertanggungjawaban dan program kerja saja, tetapi kami juga meninggalkan sebuah karya berupa buku "Aku, Kamu, Kita Jadi Satu" serta aransemen PGSD,” tuturnya.

“Saya mengucapkan terima kasih, khususnya kepada pembina HIMA PGSD yang selalu membimbing tidak hanya di kegiatan-kegiatan saja, tetapi juga memberikan nutrisi memberikan motivasi dari awal sampai saat ini. Tak lupa kepada pengurus yang masih setia di HIMA PGSD, semoga bisa berorganisasi di HIMA selanjutnya. Dan saya ucapkan terimakasih kepada lembaga yang sudah mendukung kegiatan kami,” tambahnya.

Dalam pembukaan Musyawarah Mahasiswa Ketua DPM, Muhammad Syahrul Rozi memberikan pesan untuk para aktivis bahwa BEM akan menggagas ide yang diinterpretasikan, dan kerjasama dalam sebuah Organisasi itu sangat erat kaitannya agar program kerja dapat terlaksana dengan baik.

“Hidup dalam perkuliahan tidak hanya mengikuti di dalam kelas, tetapi juga harus bergaul di luar aktivitas kelas. Karena ketika lulus dari STKIP Muhammadiyah Kuningan, tidak hanya cukup membawa sebuah transkip nilai ataupun ijazah. Melainkan bagaimana kawan-kawan memiliki soft skill dan jiwa kepemimpinan serta kemampuan berkomunikasi dengan mantap, luwes dalam bergaul bersama masyarakat,” ucap Agus Saeful Anwar, M.Pd., selaku Ketua Prodi PGSD.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Mannan, M.Pd., dalam sambutannya sekaligus membuka acara Musyawarah Mahasiswa (Mumas) PGSD, Beliau berpesan bahwa organisasi itu adalah sebuah proses yang berintegrasi artinya ada atitude, knowledge dan skill yang bisa menjadi satu energi performs. Jadi muatannya tidak terlepas dari organisasi itu sendiri,” tegasnya.

“Orang berorganisasi memiliki aksi sosial yang bagus dan dalam memajukan organisasi ada tiga hal yaitu konsep, narasi dan aksi. Tidak sekedar menjalan tugas organisasi saja, tetapi bidang akademik pun harus bagus. Berusahalah untuk memantapkan diri dengan kualitas akademiknya dan kualitas organisasinya,” tambah Nanan.

Sebelum pada pelaksanaan Musyawarah Mahasiswa (Mumas), seluruh pengurus HIMA dan juga mahasiswa PGSD diberikan nutrisi materi mengenai teknik persidangan. Hal ini tentu akan memberikan gambaran pada saat pelaksanaan musyawarah mahasiswa sehingga dapat menyampaikan pendapat dalam sebuah permusyawarahan.

Pelaksanaan Mumas PGSD diantaranya penetapan agenda Musyawarah Mahasiswa, pengesahan Tata Tertib, Garis-garis Besar Program Kerja (GBPK), pemilihan Presidium Sidang, Laporan Pertanggungjawaban HIMA PGSD Periode 2022/2023, penyampaian AD/ART, Konsideran, pemilihan Formateur, pengetesan Formateur Ketua Umum HIMA PGSD Periode 2023/2024, Falah Alfazri, serta Ceremony.

Pada dasarnya, Himpunan Mahasiswa (HIMA) menjadi media bagi para anggota agar mampu mengembangkan pola pikir kritis, bahkan sampai dengan kepribadian serta potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa tentunya akan berkaitan dengan disiplin ilmu.

Penulis: Novita dan Deliya


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp