Lomba Kreativitas Anak dan Remaja (LOKARIA) 2 GEBYAR HIMA PG-PAUD


Kuningan, UPMKNews -- Pada hari Senin, (20/05/2024) HIMA PG-PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan kembali menggelar Lomba Kreativitas Anak dan Remaja (LOKARIA) 2 GEBYAR HIMA PG-PAUD.

Event ini merupakan agenda tahunan HIMA PG-PAUD yang didalamnya menghadirkan rangkaian perlombaan untuk tingkat TK/RA/KB se-Kabupaten Kuningan dan tingkat SMA/SMK/MA se-Wilyah lll Cirebon.

Prosesi pembukaan LOKARIA 2 turut dihadiri oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, M.Toha, Ketua Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (DikMas), Deden Rendra Nurrohim Rukmana, S.E., M.Si, Badan Pembina Harian STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. H. Uci Sanusi, M.Pd., Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd, Ketua Prodi PG-PAUD, Erik, M.Pd, serta para tamu undangan lainnya yang turut hadir pada acara tersebut.

Ketua pelaksana, Dewi Ratna Purwati menyampaikan, "GEBYAR HIMA PG-PAUD merupakan program kerja tahunan yang dinamakan GEBYAR HIMA PG-PAUD Lomba Kreativitas Anak dan Remaja (LOKARIA). Di mana GEBYAR HIMA PG PAUD ini sangat mendukung bagi siswa dan siswi untuk bisa berkarya tanpa batas serta melalui Gebyar Hima PG PAUD juga bisa menjadi sarana bagi peserta didik untuk lebih percaya diri kreatif terampil dan berkarakter," pungkasnya.

Kali ini, GEBYAR HIMA PG-PAUD mengangkat tema "Menjunjung Kreatifitas, Lahirkan Generasi Berkualitas ". Sejalan dengan tema tersebut, dimaksudkan dengan melalui kegiatan ini mampu menjadi wadah untuk mendorong minat dan bakat para generasi emas bangsa dalam meraih mimpi dan terus berkarya. 

Acara dibuka langsung oleh Deden Rendra Nurrohim Rukmana, S.E., M.Si. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi adanya GEBYAR HIMA PG-PAUD ini dan berharap semoga dilain kesempatan bisa berkolaborasi dan bekerjasama, "Untuk kedepannya, mungkin acara Gebyar HIMA PG-PAUD ini bisa berkolaborasi bersama Dinas agar lebih meriah lagi", tuturnya.

LOKARIA 2 GEBYAR HIMA PG-PAUD pada tahun ini, utnuk tingkat PAUD se-Kabupaten Kuningan mengahdirkan perlombaan berupa perlombaan Mewarnai, Tahfidz, Menari Kelompok dan Menari Individu, serta Fashion Show dengan jumlah 484 peserta dari 130 lembaga. Dan Lomba tingkat SMA sederajat sewilayah 3 Cirebon diantaranya lomba MTQ, Nyanyi Solo, dan Dance/Taribdengan jumlah 71 peserta dr 25 sekolah. Dengan demikian Kegiatan Gembar HIMA PG-PAUD secara keseluruhan mencapai 555 peserta.

Harapannya dengan melalui kegiatan ini dapat terciptanya sosialisasi pendidikan anak usia dini di kalangan masyarakat sekitar, menjadi wadah silaturahmi antara peserta didik dan antar lembaga, serta meningkatkan kreativitas rasa percaya diri keterampilan dan berkarakter bagi peserta didik. 

Tak lupa, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd selalu Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan juga memberikan sambutannya, "STKIP Muhammadiyah Kuningan sangat terbuka menjadi tempat untuk berkolaborasi bersama, tak jarang Kampus kami tercinta ini menjadi tuan rumah untuk event-event lainnya. Dan mungkin GEBYAR HIMA PG-PAUD ini untuk terkahir kalinya dalam status nama STKIP Muhammadiyah Kuningan, untuk selanjutnya STKIP Muhammadiyah Kuningan ini akan berubah nama menjadi Universitas," ujarnya.

Dalam kesempatan ini pun, sekaligus menjadi momentum penyerahan simbolis oleh Optik Zolaris kepada Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan Optik Zolaris.

Diwaktu yang berbeda, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., menuturkan bahwa, "dengan adanya kegiatan LOKARIA 2 Gebyar HIMA PG-PAUD, salah satu wahana seperti pembelajaran berorganisasi mengelola kegiatan bagi panitia, sarana sosialisasi, berkolaborasi dengan semua unsur. Sehingga eksistensi dapat diterima masyarakat melalui kebermanfaatannya.

(Wini)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp