Mahasiswa STKIPM Kuningan Tingkat Akhir Ikuti Ujikom CBT


Kuningan, UPMK News -- STKIPM Kuningan telah melaksanakan Ujikom Computer Based Test (CBT) bagi Mahasiswa Tingkat Akhir pada pukul 08:00 WIB bertempat di Gedung A, Ruang Smartclass, STKIP Muhammadiyah Kuningan, Jawa Barat, (11/05/2024).

Uji Kompetensi adalah proses penilaian baik teknis maupun non-teknis, untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum, kompeten pada kualifikasi atau unit kompetensi tertentu. Uji Kompetensi terdiri dari dua jenis yaitu uji kompetensi Computer Based Test (CBT) dan Microteaching (Praktik Mengajar).

Transformasi pendidikan terus bergulir di Indonesia dengan adopsi yang semakin luas terhadap Ujian Kompetensi (Ujikom) berbasis Computer Based Test (CBT). Langkah ini telah menandai era baru dalam evaluasi kompetensi siswa, menggantikan metode konvensional dengan teknologi canggih. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Di dunia pendidikan, penerapan teknologi telah membuka peluang baru dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Ujian Kompetensi berbasis CBT adalah salah satu hasil dari perkembangan ini.

Ujian Kompetensi berbasis CBT memanfaatkan teknologi komputer untuk menyajikan pertanyaan dan mengumpulkan jawaban dari peserta ujian. Metode ini telah memberikan sejumlah keuntungan signifikan yang tidak tersedia dalam ujian konvensional. Salah satu keuntungan utamanya adalah adanya kesempatan yang lebih adil bagi semua peserta ujian. Selain itu, Ujikom berbasis CBT juga menawarkan efisiensi waktu yang signifikan. Proses evaluasi menjadi lebih cepat dan lebih efisien, memungkinkan guru dan penyelenggara ujian untuk segera menganalisis hasil dan memberikan umpan balik yang sesuai.

Namun, adopsi Ujikom berbasis CBT juga menghadapi sejumlah tantangan. Salah satu tantangan utamanya adalah masalah akses dan infrastruktur di berbagai wilayah. Untuk memastikan keadilan dalam akses Ujikom Berbasis CBT, STKIP Muhammadiyah Kuningan selaku institusi pendidikan diharapkan mampu serta berkomitmen dalam menyediakan fasilitas yang memadai bagi semua peserta Ujikom Berbasis CBT.

Dengan demikian, Ujikom berbasis CBT tidak hanya meningkatkan kualitas evaluasi pendidikan, tetapi juga menempatkan STKIPM Kuningan di garis depan inovasi dalam sistem pendidikan. Dengan terus mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran dan evaluasi, STKIPM Kuningan sedang mempersiapkan generasi masa depan yang unggul, berdaya saing, serta mampu menghadapi tantangan global. (Topan)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp