Mengolah Sampah Jadi Emas


Kuningan, UPMKnews --- Kelompok KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar seminar motivasi lingkungan merubah sampah menjadi emas di balai desa yang di hadiri oleh kepala dinas sosial kabupaten Kuningan, kepala dinas lingkungan hidup kabupaten Kuningan, marketing officer pegadaian.

Melihat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah dan kurangnya fasilitas untuk pembuangan sampah di desa Cipondok kec. Cibingbin kab. Kuningan, kelompok KKN STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan seminar "motivasi lingkungan merubah sampah menjadi emas".

Pada seminar tersebut mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan mengundang Kepala dinas sosial kabupaten Kuningan, Kepala dinas lingkungan hidup kabupaten kuningan dan marketing officer pegadaian sebagai pemateri.

Dimana pada acara tersebut masyarakat di ajak dan di beri arahan mengenai pengelolaan sampah yang bermanfaat bagi perekonomian masyarakat.

Adapun cara pengelolaan sampah menjadi emas yaitu sampah akan dikumpulkan di bank sampah yang kemudian di tukar menjadi uang dan uang tersebut di kumpulkan di pegadaian dan di tukar menjadi emas, dimana setiap Rp. 10.000 sama dengan 0,01 gram emas.

Pada acara tersebut masyarakat desa sangat berantusias sehingga mereka mulai mengumpulkan sampah - sampah yang bisa di tukar ke bank sampah agar bisa menjadi emas. Masyarakat desa yang hadir dalam acara tersebut adalah ibu-ibu PKK, Kepala Dusun, Rt/Rw, karang taruna dan Masyarakat Desa Cipondok. (*)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp