Jenuh di Rumah Saja, Mahasiswa Inisiatif Bimbingan Akademik di Alam Terbuka


Kuningan, UPMKnews – Banyak cara unik untuk mengisi waktu akhir pekan (weekend) bersama mahasiswa bimbingan akademik. Hal tersebut dilakukan oleh salah satu dosen PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan Nana Sutarna, M.Pd, yaitu dengan mengajak mahasiswa bimbingannya bersilaturahmi di alam terbuka, yakni di Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan, yang lokasinya tak jauh dari Desa Cisantana - Kuningan, Sabtu (12/9/2020).

Kegiatan tersebut berkat inisiasi antara dosen pembimbing akademik (DPA) dengan mahasiswa yang tergabung dalam kelas RPL A semester 7 (tujuh) Prodi PGSD.

“Jenuh di rumah, di sekolah, di kampus, bahkan di dunia maya, akhirnya kami berinisiatif melakukan pertemuan bimbingan ini, sebagai ajang silaturahmi antara DPA dengan mahasiswa,” ujar Eka Risnandar (mahasiswa), yang juga merupakan Ketua Kelas RPL 7A saat dipintai keterangan pada Minggu (13/9) kemarin.

“Kami merasa senang bisa menyelenggarakan acara silaturahmi langsung tatap muka, apalagi di tempat yang sejuk dengan landscape pemandangan yang indah, semakin menambah keakraban diantara teman kelas dan DPA,” timpal Iwan Darwansyah (mahasiswa) asal Cisantana, dan dipercaya sebagai penangungjawab kegiatan. (13/9)

Sepintas memang seperti jalan-jalan, foto-foto, dan makan-makan saja. Tapi yang tak kalah penting dari momentum langka itu, Nana Sutarna selaku DPA menyampaikan banyak hal terkait bimbingan karir akademik yang tengah dihadapi oleh mahasiswanya, terlebih dirinya memberikan penguatan terkait penyelesaian tugas akhir mahasiswa atau skripsi.

“Walaupun kondisi masih pandemi, pertemuan kemarin sebagai moment melepas rindu juga, karena selama ini kita hanya melakukan bimbingan dengan bertatap maya, dengan memperhatikan protokol kesehatan, alhaldulillah acara Sabtu kemarin berjalan lancar,” terang Nana kepada UPMKnews (13/9) [sekre]


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp