Tingkatkan Kualitas, Prodi PTIK STKIP Muhammadiyah Kuningan Ajukan Akreditasi Menuju Universitas


Kuningan, UPMKNews – STKIP Muhammadiyah Kuningan terus mempersiapkan diri meningkatkan kualitas dalam segala aspek menuju perubahan status menjadi Universitas Muhammadiyah Kuningan yang diakui secara luas dan dapat bekerja sama dengan pihak lain pada taraf regional, nasional dan internasional. Salah satunya melalui peningkatan akreditasi Prodi sebagai faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan Perguruan Tinggi. Tepatnya kemarin, Rabu (8/5/2024) program studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) sudah masuk pada tahap unggah dokumen usulan sesuai dengan 9 kriteria melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Pencapaian mutu melalui peningkatan akreditasi program studi merupakan suatu persaingan terbuka bagi Perguruan Tinggi termasuk PTMA. Peningkatan akreditasi selain menjadi ajang persaingan antar PT dan PTMA, melainkan juga sebagai peningkatan mutu dan mengevaluasi pelaksanaan standar PTMA secara berkelanjutan.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., mengatakan, "reakreditasi merupakan komitmen lembaga untuk terus meningkatkan mutu akademik. Peningkatan mutu akademik harus memiliki parameter yang telah ditetapkan oleh BAN PT dan LAMDIK. Oleh karena itu, kami berharap proses ini menjadi budaya mutu di kampus kita. Komitmen dalam Perencanaan, realistis dalam Implementasi, terukur dalam evaluasi dan visioner dalam peningkatan," pungkasnya.

Program studi PTIK selama 2 minggu kebelakang telah melalukan segala persiapan seperti adanya pendampingan mulai dari pembuatan akun, pembagian tugas pengisian Lembar Evaluasi Diri (LED), proses pengisian LED, pengumpulan LED, pengisian data excel dari LED, finalisasi data, revisi data yang akan menjadi tolak ukur dalam akreditasi dan unggah dokumen usulan melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) sesuai 9 kriteria diantaranya:
1.    Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) 
2.    Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
3.    Mahasiswa
4.    Sumber Daya Manusia
5.    Keuangan, Sarana dan Prasarana
6.    Pendidikan
7.    Penelitian
8.    Pengabdian kepada Masyarakat
9.    Keluaran dan Capaian Tri Dharma

Ketua program studi PTIK, Yoyo Zakaria, S.Pd., M.Kom., pun menuturkan, “perjalanan awal dengan mendatangkan Dr. Budi Akbar, M.Pd. yang menjadi utusan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk pendampingan akreditadi Prodi PTIK, kemudian adanya persiapan dokumen hingga unggah dokumen. Setelah itu dengan adanya validasi, langkah selanjutnya adalah menunggu pelaksanaan asesmen kecukupan dan lapangan,” tuturnya.

“Akreditasi menjadi suatu simbol untuk melihat kinerja dan kualitas. Harapannya, dengan hal ini program studi PTIK STKIP Muhamamdiyah Kuningan bisa mempertahankan dengan kategori “B” ataupun “Baik Sekali”. Setelah mendapatkan predikat “Baik Sekali”, prodi PTIK kedepannya terus meningkatkan kualitas menjadi lebih baik lagi mulai dari kinerja dalam tata pamong, akademis dosen dan mahasiswa, serta yang paling utama mampu meningkatkan kualitas pendidikan,” ucap Yoyo.

Ketua Prodi PTIK pun mengupayakan mahasiswa diarahkan untuk dapat berkolaborasi bersama dosen terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga dengan demikian kualitas pendidikan mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan meningkat dari sebelumnya. (Deliya)


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp