Karakteristik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas Rendah


Kuningan, UPMKNews -- (Sri Anitah W, 2014, pp. 2.30-2.33)  Pembelajaran merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang harus dikuasai siswa. karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar adalah pembelajaran merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang harus dikuasai siswa. Secara umum Karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar adalah kelas 1 dan 2  Sekolah Dasar berorientasi pada pembalajaran fakta lebih bersifat konkret atau kejadian-kejadian yang ada dilingkungan sekitar siswa. Pembelajaran konkret lebih sesuai diberikan pada siswa kelas (1 2 3) di Sekolah Dasar proses pembelajaran ini harus  dirancang oleh guru sehingga kemampuan siswa, bahan ajar, proses belajar, dan sistem penilaian, sesuai dengan taraf perkembangan siswa.

(Dewi, 2019, p. 1) karakteristik pembelajaran IPS adalah Ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu ilmu yang mengkaji interaksi sosial manusia, yang meliputi interaksi manusia dengan manusia dan interaksi manusia dengan alam. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang mengkaji seperangkat peristiwa fakta, konsep, dan generaslisasi yang dengan isu sosial.memuat materi gegografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Dalam hal ini teori belajar yang mendukung pembelajaran IPS SD yaitu belajar yang konstruktivis, Dalam kontruktivisme belajar adalah suatu proses yang aktif untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam hal ini kontruktivisme sendiri dapat diibaratkan sebagai scaffolding proses dalam pendidikan, dimana pendidik sebagai perancang bangunannya dan mempersiapkan peserta didik sebagai pondasi yang kuat agar bangunan tersebut tidak  roboh.

(Yuniardi, 2015, p. 36) Tujuan pembelajaran IPS disekolah ialah untuk menumbuhkan warga negara yang baik. Sifat warga negara yang baik akan mudah ditumbuhkan pada siswa apabila guru mendidik mereka dengan jalan menempatkannya dalam konteks kebudayaanya dari pada memutuskan perhatian pada displin ilmu yang terpisah-pisah. IPS bertujuan untuk mengkaji masalah-masalah sosial pada umunya dan kehidupan manusia pada khususnya, dengan begitu peserta didiki memiliki pengethuan yang logis, lengkap, dan objektid yang didukung dengan informasi dan fakta yang terjadi sehingga peserta didik mampu mengambil kepurtusam secara tepat.

(Nurfirdaus & Sutisna, 2021, pp. 896–897) Pembentukan Karakter Dan Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah yaitu lingkungan sekolah merupakan bagian dari bagian sosial, sehingga sekolah juga mempunyai peran dalam membentuk karakter dan perilaku siswa. Lingkungan sosial mempunyai peranan penting dalam pembentukan perilaku sosial siswa sehingga dari tujuan pendidikan dapat terwujudkan dengan maksiamal. selain itu keluarga juga memiliki peranan penting dalam pembentukan perilaku sosial siswa, lingkungan keluarga yang memiliki waktu cukup dalam aktivitas siswa dibandingkan dengan lingkungan sekolah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam pembentukan perilaku sosial siswa.

Sumber: Alya Cahya Ningrum, Tiara Aprilyani & Endi Rohendi Mahasiswa Aktip PGSD 4C


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp