Strategi Pembelajaran IPS


Kuningan, UPMKNews -- Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategia, strategi merupakan sebuah perencanaan yang panjang untuk berhasil dalam mencapai suatu keuntungan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian-rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan tertentu.

Salah satu pembelajaran yang perlu menggunakan strategi adalah pembelajaran IPS dimana pembelajaran IPS ini bersifat penghafalan, dan rata-rata guru pada pelajaran IPS kurang kreatif dalam penyampaian materi kepada siswa, guru hanya menggunakan metode ceramah dimana murid hanya mendengarkan dan menulis apa yang disampaikan oleh guru, hal ini akan berpengaruh pada siswa karena siswa akan cepat merasa bosan, jenuh dan malas untuk belajar IPS akibatnya siswa kurang meminati pelajaran ilmu pengetahuan sosial, hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar IPS siswa yang akan semakin rendah.

Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

Pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.

Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)

Pendekatan pembelajaran berbasis masalah mengutamakan proses belajar dimana tugas guru harus memfokuskan diri untuk membantu siswa mencapai keterampilan mengarahkan diri.

Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB)

SPPKB merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berfikir siswa. Dalam SPPKB, materi pelajaran tidak disajikan begitu saja kepada siswa. Akan tetapi, siswa dibimbing untuk menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai melalui proses dialog yang terus menerus memanfaatkan pengalaman siswa.

Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning -TCL)

Pembelajaran yang dilakukan seperti pembelajaran CTL menerapkan strategi kontekstual. Dengan strategi ini kelas berfungsi sebagai tempat berdiskusi hasil penemuan lapangan.

Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK)

Strategi pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Kelompok dalam konteks pembelajaran dapat diartikan sebagai kumpulan dua orang individu atau lebih berinteraksi secara tetap muka dan setiap individu menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompoknya sehingga mereka merasa saling memiliki dan merasa saling ketergantungan secara positif yang digunakan untuk mencapai tujuan bersama.

Sumber: Linda Yulinda, Khairun Nisa. R, Kristian Sri Lestari. Mahasiswa Aktif PGSD Semester 4 D STKIP Muhammadiyah Kuningan.


Bagikan Berita Ini

Facebook Twitter Whatsapp